55 Ribu Usulan Program Diterima Pemprov dalam Musrenbang 2024

Musrenbang 2024
Pj Gubernur Nana Sudjana saat menyampaikan sejumlah usulan program dalam Musrenbang 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah menerima sebanyak 55 ribu usulan atau masukan program, selama proses Musrenbang 2024.

Usulan tersebut masuk dalam website resmi Musrenbang, dengan total anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan usulan tersebut sekira Rp50 triliun.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan dengan memertimbangkan potensi anggaran Pemprov Jateng yang terbatas, maka usulan harus dikelola dan ditentukan skala prioritas sesuai kepentingan daerah. Hal itu disampaikan dalam kegiatan Musrembang Jateng 2024 di Gradhika Bhakti Praja, kemarin.

Nana menjelaskan, musrenbang melibatkan berbagai institusi maupun elemen masyarakat di Jateng.

Mulai dari DPRD, akademisi, bupati/wali kota hingga forum-forum masyarakat.

“Sampai saat ini, masukan yang kami terima itu sekitar 55 ribu lebih, tentunya ini akan kami pelajari, kemudian akan kami kelola masukan-masukan ini. Dalam musrenbang ini, kami tentunya mendasari kebijakan rancangan RPJPD 2025-2045. Kemudian kita juga mendasari visi dan misi presiden dan wakil presiden terpilih. Kemudian kita mendasari juga program prioritas Provinsi Jateng yang sudah dilaksanakan,” kata Nana

Sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengingatkan, agar pemerintah daerah jeli menentukan skala prioritas.

“Semakin kita punya kejelian mempunyai skala prioritas, maka semakin tujuan dan target program prioritas kita akan tercapai,” ucap Anas.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, sejumlah capaian kinerja Pemprov Jateng selama ini tergolong baik.

Provinsi Jateng meraih predikat A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dan untuk indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mendapat predikat memuaskan. (Bud)

Artikel sebelumnyaKota Semarang Juara Umum MTQ Ke-30 Tingkat Jawa Tengah
Artikel selanjutnyaJateng Siap Dorong Wujudkan SDM Berkualitas Guna Hadapi Bonus Demografi