Ribuan Orang Ikuti Bursa Kerja Plan International Indonesia-BBPLK

Semarang, Idola 92.6 FM – Plan International Indonesia menggelar bursa kerja selama 2 hari, 11-12 Mei 2016. Acara yang terselenggara berkat kerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Semarang, Magistra Utama, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Perdagangan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah itu digelar di lapangan BBPLK Semarang.

Bursa kerja yang mempertemukan anak-anak muda pencari kerja dengan puluhan perusahaan di Semarang mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat. Sejak dibuka jam 08.00 WIB, selang dua jam kemudian, setidaknya sekitar 10.000 formulir pendaftaran habis diambil para pencari kerja di Semarang dan dari luar daerah.

20160511-2

Antusiasme dari para kaum muda yang sangat besar terlihat dari jumlah mereka yang datang. Walaupun dengan cuaca panas mereka masih mau mengantre untuk melamar puluhan pekerjaan yang disediakan perusahaan-perusahaan. “Aku masukin lima lamaran di sini, semoga aja ada yang keterima,” tutur Sandi, pelamar yang lulus sekolah tahun 2016.

Ali, pencari kerja lain mengungkapkan, dirinya ingin bekerja dengan keahlian yang sesuai dengan memikih perusahaan yang diinginkan. “Prioritas sih aku masukin lamaran sesuai keahlian dulu. Aku dulu jurusannya manajemen pemasaran. Tapi kalo emang ada kerjaan yang nggak sesuai bidang keahlian juga nggak papa,” ujarnya.

Banyaknya para pencari kerja yang terus menerus meningkat, dan jumlah pengangguran yang juga meningkat diharapkan terserap di dunia kerja khususnya di Jawa Tengah.

20160511-1

Sementara itu, Country Director Plan International Indonesia, Mingming Remata Evora mengatakan, pengembangan kompetensi yang spesifik untuk anak muda ternyata cukup efektif dalam memperkecil jurang pemisah antara keterampilan pencari kerja dan kompetensi kebutuhan pasar kerja.

“Kita berupaya membangun kompetensi dan produktivitas anak muda di bidang ritel dan restoran. Melalui program ini, anak muda diarahkan untuk memenuhi kompetensi secara utuh di satu bidang,” ucap Mingming di sela-sela serah terima proyek sela “Pelatihan Kaum Muda menuju Dunia Kerja” dari Plan International Indonesia kepada Balai Besar Pengembangan Latihan kerja (BBPLK) di Semarang, Rabu (11/5). (Anggita Candra/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaPlan International Beri Kompetensi Pelatihan Kerja Di Semarang
Artikel selanjutnyaSorotan Idola: Korupsi Dan Ketidakbahagiaan Kolektif