Idola Ramadhan Berbagi 2016, Keluasan Perspektif Dan Puasa

Semarang, Idola 92.6 FM – Bulan Ramadhan menjadi sarana untuk membangun mental, spiritualitas, jasmani dan ruhani. Puasa bisa dijadikan untuk pembinaan untuk lebih peka terhadap hubungan sosial antar sesama manusia.

Demikian dikemukakan Radjim, Direktur Umum Bank Jateng dalam Talkshow Sang Pencipta Keajaiban-Idola Ramadhan Berbagi 2016, Selasa (28/6), pukul 15.00 WIB di Hotel Aston Jl MT Haryono Semarang. Dalam acara yang digelar Radio Idola bekerjasama dengan Bank Jateng dan Hotel Aston itu, selain Radjim juga hadir narasumber: Prie GS (Budayawan), Muhsin Jamil (Dekan Fakultas Ushuludin UIN Walisongo Semarang), dan dipandu Wak Zulham (Radio Idola FM). Tema Sang Pencipta Keajaiban diambil dari sandiwara radio yang selama Ramadhan diputar di Radio Idola dan C Radio. Sebuah kisah inspiratif yang diangkat dari buku The Noticer karya Andy Andrews.

Menurut Radjim, puasa mencontohkan betapa rasa lapar dan dahaga menjadikan kepedulian kita. Betapa di sekeliling kita, saudara-saudara kita yang mungkin tidak mudah untuk mendapatkan sehari makan 3 kali dan sebagainya.

Radjim (Direktur Umum Bank Jateng)
Radjim (Direktur Umum Bank Jateng)

“Sehingga, minimal radar sosial kita ini lebih terasah dan peka. Maka, hubungan sosial kita dengan sekeliling lebih baik dan peduli lagi. Rasa kebersamaan, gotong royong yang selama ini sudah mulai luntur, mudah-mudahan dengan hikmah puasa ini kita akan lebih baik lagi,” ujar radjim di hadapan ratusan anak yatim piatu di Kota Semarang.

Radjim menambahkan, puasa juga bisa dikonsepsikan sebagai pembinaan untuk jihadiyah. Artinya, kita berjihad untuk memerangi hawa nafsu. Karena hikmah puasa bagaimana kita mengendalikan diri,melakukan hal-hal positif, dan tidak hanya menahan haus dan lapar saja.

“Maka, kita jadikan bulan puasa ini menjadi satu bulan yang betul-betul berikan hikmah pada kita. Jihadiyah bukan perang memerangi sesama, tetapi jihad melawan hawa nafsu, melawan godaan luar biasa,” katanya.

Mukhsin Jamil (Dekan Fakultas Ushuludin UIN Walisongo Semarang)
Mukhsin Jamil (Dekan Fakultas Ushuludin UIN Walisongo Semarang)

Sementara itu, Muhsin Jamil mengatakan, dalam perspektif keagamaan, realitas yang diciptakan Allah itu penuh makna dan sebenarnya menjadi sarana oleh Allah untuk menunjukkan keberadaanNya. Menurut Muhsin, sia-sia atau tidaknya manusia di kehidupan ini tergantung bagaimana perspektif kita memandangnya. Ada perspektif yang pesimistik dan perspektif optimistik.

Menurutnya, keluasan persepktif itu sebenarnya yang membuka berbagai kemungkinan melihar dunia. Orang yang pesimistik biasanya orang yang perspektifnya sempit, maka hidup menjadi susah. “Keluasan perspektif sangat penting untuk memaknai dunia ini,” ujarnya.

Beri Santunan 150 Anak Yatim Piatu

Dalam kesempatan ini, Radio Idola yang sebelumnya telah menggalang donasi dari berbagai kalangan dan institusi memberikan bingkisan dan santunan kepada 150 anak yatim piatu dari 7 panti asukan dan lembaga social di Kota Semarang. Ke-150 anak yatim piatu itu berasal dari Panti Asuhan (PA) Ar Rahman, PA Riyadlul Jannah, PA Hamdan, PA Nurul Quran, PA Muhammadiyyah, PA YBMI, dan PA Yatim Indonesia. Bingkisan dan uang santunan secara bergiliran diberikan kepada masing-masing anak oleh Radjim (Direktur Umum Bank Jateng), Andi Odang (Direktur Radio Idola), dan Handoyo (Owner Radio Idola Group).

Nadia Ardiwinata
Nadia Ardiwinata

Koordinator acara Nadia Ardiwinata, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada segenap pihak, sponsor, dan donator yang turut ambil bagian dalam kegiatan sosial ini. “Kami berharap, bantuan ini bisa bermanfaat bagi anak-anak panti asuhan dan mereka yang membutuhkan,” kata Nadia yang juga penyiar Radio Idola.

Di sela-sela acara ratusan anak yatim piatu juga mendapatkan suguhan seni rebana, dongeng dari Kak Edwin dan juga pembagian doorprize dari panitia. Acara diakhiri dengan buka puasa bersama saat adzan maghrib. Idola Ramadhan Berbagi didukung oleh Bank Jateng, SMA Islam Hidayatullah Semarang, PDAM Tirta Moedal, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Binama, dan Terminal Peti Kemas Semarang. [Heri CS]

Galery Idola Ramadhan Berbagi bisa anda lihat DISINI.

Artikel sebelumnya[PhotoEvent] Idola Ramadhan Berbagi Dan Santunan Anak Yatim 2016
Artikel selanjutnyaBI Jateng: Penukaran Uang Capai Rp 82,82 miliar Sepekan Terakhir