Jumlah Pemudik Meningkat, Rute Alternatif Di Semarang Disiapkan

Ilustrasi.

Semarang, Idola 92.6 FM – Seperti tahun-tahun sebelumnya Jawa Tengah menjadi tujuan jutaan pemudik sekaligus menjadi lintasan vital oleh kendaraan dari luar wilayah seperti Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Diprediksi Jumlah pemudik pada Lebaran 2016 sebanyak 6.657.215 orang atau mengalami peningkatan sebanyak 5,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya tercatat 6,28 juta orang.

Prediksi tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang beberapa waktu lalu seperti dikutip kantor berita Antara.

Dia menjabarkan jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Tengah melalui jalur pantai utara (Pantura) Jawa diprediksi sebanyak 6,55 juta orang, sedangkan yang melalui jalur pantai selatan lebih sedikit hanya 1,11 juta orang.

Untuk itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang Agus Harmunanto menyatakan akan menyiapkan rute jalur alternative di Kota Atlas ini sebagai antisipasi untuk menampung jumlah kendaraan yang melintas di jalur-jalur utama.

“Jalur alternatif arah barat akan dilewatkan di samping Pasar Mangkang dan tembus ke Ngaliyan. Kalau yang dari arah timur dan masih ada banjir rob, maka antisipasinya dilewatkan ke Bangetayu,” tandas Agus di Semarang, Kamis (9/6).

Untuk memberikan informasi kepada pemudik, pihaknya akan menyediakan papan imbauan penunjuk arah rute alternativ di lokasi-lokasi menuju jalan tersebut.

Pihaknya juga menyatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Kota Semarang untuk melakukan perbaikan atau penambalan jalan yang rusak untuk kenyamanan pemudik. (Budi aries/diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaRumah FLPP Tahun Depan Naik 5 Persen
Artikel selanjutnyaMata Air – Andy Bangkit: Mengandalkan Sabar Dan Doa Dalam Perjalanan Sukses