Jumlah TKI Jawa Tengah 9.366 orang

Semarang, Idola 92.6 FM – Dinas Tenaga Keja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Tengah menyatakan jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri pada awal 2016 sampai sat ini berjumlah 9.366 orang.

“Dimana sampai dengan saat ini, jumlah TKI terbanyak di Jawa Tengah berasal dari Kabupaten Cilacap sebanyak 1.742 orang,” aku Kepala Seksi Pengawasan dan Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri Disnakertransduk Jawa Tengah, Erry Diah Nurhidayah di Semarang, Senin (25/7).

Selain di Kabupaten Cilacap, lanjutnya Kendal juga memiliki jumlah TKI terbanyak yang mencapai 1.257 orang.

Namun demikian, jelas Erry, jumlah TKI yang bekerja di luar negeri pada 2016 angkanya masih di bawah tahun 2016. Menurut data dari Dinakertransduk Jawa Tengah jumlah TKI asal Jateng pada 2015 sebanyak 57.077 orang.

Erry menjelaskan, turunnya jumlah TKI itu bisa jadi karena banyak yang memilih jalur tidak resmi atau mandiri.

“Memang kalau dilihat dari data ada pengurangan jumlah TKI, tetapi kita tidak bisa langsung menilai bahwa memang terjadi penurunan. Bisa jadi, ini yang tidak resmi lebih banyak,” ungkap Erry.

Apabila dilihat dari sisi negara tujuan, jelasnya, TKI paling banyak memilih menuju ke Malaysia. Kemudian disusul Taiwan, Singapura dan Hong Kong.

“Dari sisi jenis pekerjaan yang diminati, paling banyak di sektor pekerjaan rumah tangga (PRT),” tandasnya. (Budi A/Diaz/Heri CS)

Artikel sebelumnyaLebaran 2016, Kebutuhan Uang Kartal Meleset Dari Perkiraan
Artikel selanjutnyaBP3TKI: Rusia Butuh Tenaga Pengelas Kapal