Kapolda Jateng Minta Jajaran Waspada Tiga Tahapan Pemilu

Condro Kirono.

Semarang, Idola 92.6 FM – Tahapan kampanye pilkada Serentak 2017 di Jawa Tengah sudah dimulai sejak (28/10/16) kemarin.

Kapolda Jawa Tengah Condro Kirono mengatakan, selama tahapan Pilkada Serentak 2017 dilaksanakan, dirinya meminta jajaran kepolisian yang bersinergi dengan TNI untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan.

Sebab, ada tiga tahapan di masa Pilkada yang dianggap rawan terjadi gesekan. Yakni, saat masa kampanye, minggu tenang, dan tahapan penghitungan suara.

“Para kapolres, dandim dan danrem sudah bisa memetakan kapan jadwal kampanye masing-masing pasangan calon dan lokasinya di mana, untuk antisipasi jika terjadi gesekan atau pelanggaran. Kemudian di masa minggu tenang, biasanya di level bawah yang bergejolak dan potensi money politics-nya cukup besar,”ujar Condro di Semarang, Senin (31/10/2016).

Pimpinan tertinggi Polda Jateng itu menjelaskan, terkait dengan masa minggu tenang, diharapkan para kapolres bisa memfasilitasi untuk apel bersama menurunkan atribut kampanye pasangan calon.

Disamping itu, anggota yang tidak berseragam diminta berpatroli ke lingkungan masyarakat untuk mengantisipasi praktik politik uang, baik yang dilakukan tim sukses atau pasangan calon. (Budi A/Diaz A)

Artikel sebelumnyaTekan Inflasi Dengan Gerakan Tanam Sayuran Di Pekarangan
Artikel selanjutnyaGanjar Harapkan Semua Elemen Masyarakat Ikut Berantas Pungli