Kebutuhan Air Naik, PDAM Tirta Moedal Tambah Dua Sumber Air

Semarang, Idola 92.6 FM – Direktur Teknik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal, Bambang Nolo Kresno mengatakan kebutuhan air bersih di Kota Semarang setiap tahunya terus mengalami peningkatan.

“Untuk tahun ini saja, kebutuhan air bersih warga Kota Semarang mencapai 3.285 liter per detik,” bebernya di semarang, Senin (16/5).

Dikatakan, pemakaian air di Semarang hingga tahun 2019 meningkat menjadi 4.888 liter per detik dengan asumsi semua warga kota terlayani aliran PDAM.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Bambang menjelaskan memiliki rencana agar kebutuhan air bersih terpenuhi dan sekaligus 100 persen warga menjadi pelanggan PDAM.

Tahun ini pihaknya mengaku akan ada penambahan dua sumber air baku untuk menyuplai kebutuhan Yakni dari Sungai Blarong dan Jatibarang. Khusus untuk Jatibarang akan dilakukan secara bertahap.

“Melalui rencana program kerja PDAM, kami telah menyiapkan program perbaikan insfrastrukstur perpipaan, penambahan dan optimalisasi kapasitas produksi. Untuk tahun ini, proses optimalisasi sumur Ngesrep sebesar 15 liter per detik juga sudah selesai,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan Instalasi Pengolah Air (IPA) Blarong nantinya akan memiliki kapasitas 200 liter per detik dan rencananya dibangun dalam dua tahap yang masing-masing berkapasitas 100 liter per detik.

Sedangkan untuk IPA Jatibarang akan berkapasitas 1.050 liter per detik yang diproyeksikan untuk melayani masyarakat di wilayah Semarang Barat. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaJumat 20 Mei, Walikota Ajak Warga Bangun Tanggul Antisipasi Rob
Artikel selanjutnyaParkir Kendaraan di Relokasi MAJT, Gratis atau Berbayar?