Kudus 10 Besar Pengelolaan lnformasi Publik Terbaik Jateng

Kudus, Idola 92.6 FM – Berdasarkan hasil penilaian dari tim penilai pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah. Dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Kab Kudus menempati kategori 10 terbaik.

Hal ini diungkapkan komisioner KIP Jawa Tengah, Zaenal Abidin Petir, Jumat (11/11/2016). Menurutnya, kinerja Bupati Kudus Musthofa sebagai kepala daerah dan penanggung jawab pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) dikabupaten Kudus cukup baik dibandingkan kepala daerah lain.

Dimana Bupati Kudus sangat peduli dengan transparansi anggaran bahkan ikut (opyak-opyak, red) supaya tidak ada korupsi di semua lini. Kepedulian bupati sempat ditunjukan melalui kemarahanya mendapati kinerja yang kurang maksimal dari anak buahnya dijajaran PPID saat kedatangan tim penilai.

Kemarahan Bupati justru diapresiasi oleh komisioner KIP tersebut sebagai bentuk tanggung jawab. Petir menjelaskan kendala dalam melalukan transparansi dijateng datang dari para kepala daerah yang kurang peduli meski semua SKPD dijateng sudah sadar akan pentingnya keterbukaan informasi publik.

Adanya kendala tersebut membuat kesulitan para pimpinan SKPD dalam merumuskan maupun mengelola sebab terbentur kebijakan atasanya. untuk itu pihaknya mendorong kepala daerah mencontoh Bupati Kudus. Petir berharap kedepan tidak ada lagi proyek kongkalikong antara pengusaha dan penguasa.

Ditambahkanya, kurang adanya kesadaran dari kepala daerah membuat angka pemohon sengketa informasi di Jawa Tengah masih tinggi. untuk data tahun 2014 terdapat 100 pelaporan. Tahun 2015 mengalami penurunan ada 25 pemohon sedangkan untuk tahun 2016 ini 30 pemohon.

Sementara itu kedatangan tim ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika kab Kudus untuk melakukan kroscek fisik kebenaran pengelolaan Informasi Publik yang dipaparkan oleh Bupati Kudus beberapa waktu lalu di Semarang.

“Setelah melihat langsung bisa saja penilaian akan berubah namun yang pasti untuk peringkat kabupaten kudus masih dirahasiakan tetapi masih 10 besar”, tandasnya.

Didampingi ketua PPID (Kepala dishubkominfo) kabupaten kudus Didik Sugiharto rombongan tim penilai mengecek pengelolaan informasi publik yang ada dinas tersebut.

Bupati Kudus H Musthofa, dengan keterbukaan informasi publik melalui website PPID semua bisa melihat bahkan menilai kinerja pemkab kudus muapun para pejabatnya. (Tini)

Artikel sebelumnyaPenjualan Rumah Komersial Naik 15 Persen Setelah Amnesti Pajak I
Artikel selanjutnyaOknum Pungli Bea Cukai Semarang Dijerat Pidana Pencucian Uang