Menuju Cyber City, Kudus Bangun Prasarana Internet Gratis

Semarang, Idola 92.6 FM – Inovasi terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus untuk menuju kota siber (Cyber City). Selain Aplikasi Menara, bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2016) diluncurkan pelayanan adminstrasi terpadu kecamatan (E-PATEN) dan Pemanfaatan high mass dan tiang LPJU untuk layanan internet gratis, CCTV dan sebagainya.

Bupati Kudus H Musthofa mengatakan, untuk mewujudkan Kudus menjadi kota yang berbasis teknologi informasi (Cyber City) ada 50 titik dikabupaten Kudus yang akan dipasang tiang high mass dan LPJU agar ketika masuk kabupaten Kudus semua masyarakat mudah mengakses internet.

Untuk tahap awal hari ini telah diluncurkan 8 buah tiang high mass dan LPJU dikawasan alun-alun simpang tujuh. Sehingga masyarakat yang memasuki kawasan alun-alun simpang tujuh langsung bisa mengakses internet gratis.

“Dimana nantinya diseluruh jalan-jalan protokol, tempat wisata maupun dilokasi-lokasi bencana juga diterapkan hal yang sama,” kata Musthofa.

Ia menyatakan semua tower telekomunikasi yang ada dikab kudus juga diminta mendukung penerapan cyber city tersebut.

Ditegaskannya, semua inovasi yang dilakukan harus terwujud dengan baik dan dirasakan hasilnya bukan sekedar seremonial. Karena taruhannya adalah jabatan jika tidak bisa bekerja para kepala SKPD akan diganti.

Sementara itu Asisten Tata Pemerintahan Setda Kudus, Agus Budi Satriyo menyatakan, adanya inovasi yang dilakukan pemkab kudus seperti E-PATEN dan pemanfaatan tiang high mass dan LPJU milik Dinas Binamarga, Pengairan dan ESDM kab Kudus dimaksudkan untuk memangkas birokrasi pelayanan kepada masyarakat.

“Yang selama ini terkesan ribet dan menyulitkan semoga menjadi mudah, efektifitas dan efisiensi biaya yang ditanggung oleh masyarakat juga murah, serta terjadi keterbukaan publik karena masyarakat dapat mengakses dan yang paling penting meminimalisir terjadinya pungutan liar,” umbarnya. (Tini/Diaz A)

Artikel sebelumnyaSosialisasi Dexlite Incar Pengusaha Angkutan Umum
Artikel selanjutnyaMengantisipasi Kebijakan Ekonomi Donald Trump