Musthofa Lepas Calon Haji Kudus Ke Tanah Suci

Kudus, Idola 92.6 FM – Kabupaten Kudus, jawa Tengah tahun ini memberangkatkan 898 jamaah calon haji yang terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter). Kloter 41 telah diberangkatkan tanggal 25 Agustus lalu, sedangkan kloter 67 dan 68, diberangkatkan hari ini, Jumat (2/9).

Bupati Kudus Musthofa melepas keberangkatan jamaah calon haji tersebut didampingi forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), Kepala Kantor Kementerian Agama, Sekretaris Daerah, dan perwakilan alim ulama.

Di hadapan Ratusan jamaah tersebut, Musthofa memberikan motivasi untuk fokus pada ibadah.

“Urusan yang di rumah dilupakan dahulu, termasuk pekerjaan, bisnis, harta benda. Semua dipercayakan saja pada keluarga selama menjalankan ibadah haji,” ucap Musthofa.

Kang Mus—panggilan akrab Bupati Musthofa juga menitipkan pesan pada camat dan kepala desa untuk tetap menjaga kondisi keamanan di seluruh wilayah, termasuk lingkungan yang ditinggal jamaah berangkat haji.

Selain itu, kang Mus yang selama delapan tahun melepas pemberangkatan haji ini berpesan kepada seluruh jamaah untuk bersabar sebab kesabaran kunci dalam menunaikan ibadah ke tanah suci.

“Para jamaah harus sabar dan tidak perlu grusa-grusu dalam menunaikan ibadah. Selain itu, ikuti semua petunjuk dari pendamping atau petugas dalam menunaikan rukun haji,” ujar Kang Mus.

Kang Mus juga mewanti-wanti kepada para petugas yang tergabung dalam TPHD dan tim kesehatan untuk benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik, penuh ketulusan dan keihlasan untuk melayani seluruh jamaah hingga semuanya bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk.

Dia berharap, semua selalu diberi kesehatan, kelancaran, serta kesuksesan dalam setiap tahapan ibadah sehingga selamat kembali ke tanah air dengan memperoleh predikat haji mabrur. (Tini S/Diaz A/Heri CS)