Pemerintah Daerah Perlu Tingkatkan Kedaulatan Pangan

Semarang, Idola 92.6 FM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Akhmadi menghimbau Pemerintah Kota dan Kabupaten agar mengutamakan program kedaulatan pangan lokal didalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

“Musrenbang harus menyangkut kedaulatan pangan lokal dan menjadi unggulan di masing-masing daerah,” katanya di Semarang, rabu (20/4).

Dia menegaskan Musrenbang yang telah dilaksanakan tidak hanya sekadar menjadi formalitas. Pelaksanaannya harus mengena pada maksud pokok yang sesungguhnya yakni mendengar dan mengakomodasi masyarakat hingga tingkat bawah.

Menurutnya, dari hasil musrenbang di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Tengah, program kedaulatan pangan belum banyak yang dibicarakan. Usulan berupa pembangunan infrastruktur atau pembangunan fisik selalu lebih tinggi, padahal, lanjut politikus PKS itu, jika berpikir ke depan program kedaulatan pangan di Jawa Tengah sangat dinantikan pada 2017 mendatang.

“Musrenbang tahun ini, seharusnya jadi acuan pelaksanaan program dan pembangunan pada 2017” ungkapnya.

Musrenbang, menurutnya, juga bisa menjadikan Jawa Tengah berdikari dalam tiga hal, yakni peningkatan pangan, percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan energi dan pemanfaatan sumber daya mineral. (Budi Aris/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaWali Kota Semarang Beri Penghargaan Si Daffa
Artikel selanjutnyaMusrenbang Dikhawatirkan Dimasuki Konflik Kepentingan