Pertamina Bentuk Satgas Antisipasi Lonjakan BBM Jelang Natal dan Tahun Baru

Semarang, Idola 92.6 FM – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Semarang mulai Desember 2016 akan membentuk satuan tugas (satgas) khusus guna mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM jelang akhir tahun.

General Manager PT Pertamina MOR IV Semarang Kusnendar mengatakan, khusus untuk persiapan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru sebenarnya tidak ada kesiapan khusus.

“Hanya saja, kami mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada. Tujuannya agar proses distribusi BBM tidak terganggu,” ujarnya di Semarang, Selasa (29/11/16).

Di samping itu, jelas Kusnendar sarana dan prasarana terkait perkapalan minyak juga akan disiapkan sebaik mungkin. Kebutuhan BBM untuk Jawa Tengah dan DIY melalui terminal pengapon tidak hanya dari Cilacap akan tetapi juga beberapa daerah lain.

“Terkait dengan kelancaran dan keamanan distribusi, kami akan berkoordinasi dengan Polda Jateng dan Dinas Perhubungan. Diharapkan, dengan adanya koordinasi itu, distribusi ke setiap daerah bisa lebih lancar.” Imbuhnya.

Sementara itu, lanjut Kusnendar pihaknya memprediksi perilaku konsumen untuk memenuhi kebutuhan BBM pada libur akhir tahun tidak sama saat menjelang Lebaran. Namun demikian, diakuinya akan tetap ada kenaikan konsumsi tetapi tidak terlalu besar.

Untuk diketahui, peningkatan secara rerata konsumsi BBM seluruh jenis menjelang Lebaran kemarin mencapai 40 persen, dengan kenaikan tertinggi sebesar 200 persen. Sedangkan menjelang Natal dan Tahun Baru diprediksi kenaikan tertinggi di kisaran 70 persen.

Pada akhir tahun nanti PT Pertamina MOR IV akan menambah ketersediaan BBM sebesar 20 persen dari konsumsi normal di wilayah Jateng-DIY. (Budi A/Diaz A)

Artikel sebelumnyaPelindo III Edukasi Kemaritiman Terhadap Mahasiswa Undip
Artikel selanjutnyaPraktisi Nilai Konservasi Tinggi Masih Terbatas