PLN Harap Pembebasan Lahan SUTET 500 KV Cepat Rampung

Ilustrasi.

Semarang, Idola 92.6 FM – PT PLN (Persero) berharap pembebasan lahan untuk pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV di wilayah Jawa bagian utara dan bagian selatan bisa berjalan lancar.

Direktur Bisnis Regional PT PLN Persero Jawa Bagian Tengah Nasri Sebayang mengatakan, terkait dengan pembebasan lahan pihaknya bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan instansi terkait. Diantaranya adalah Badan Pertanahan Nasioal (BPN, kejaksaan, dan kepolisian.

Menurut Nasri, setelah pembebasan lahan selesa proses pengerjaan bisa dilakukan pada Februari 2017 mendatang. Selanjutnya, pada awal Triwulan II 2017 diharapkan pengerjaan konstruksi sudah bisa berjalan.

“Harapan kami, pembebasan lahan bisa sesuai jadwal dan tidak ada kendala. Masyarakat juga mendapatkan kompensasi yang sesuai dengan ketentuan terbaik,” ujarnya baru-baru ini.

Sementara itu, terkait anggaran untuk pembangunan SUTET 500 KV di wilayah Jawa bagian utara dan selatan, lanjut Nasri, pihaknya menyiapkan Rp10,3 triliun. Rinciannya, Rp8,3 triliun untuk konstruksi dan Rp2 triliun pengadaan tanahnya.

Rencananya, pada Triwulan I 2019 pembangunan SUTET 500 KV sudah selesa dibangun dan siap diujicobakan. (BA)