Polder Banger dan Sringin Solusi Rob Semarang

Urip Sihabudin. (photo: radarsemarang.com)

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemerintah Provinsi Jawa tengah berupaya mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) untuk segera membangun polder di kawasan Kaligawe Semarang sebagai upaya pencegahan rob.

Diyakini, percepatan penanganan persoalan rob adalah dengan pembangunan polder di sekitaran kawasan Kaligawe dan Genuk yakni dengan membangun polder Banger dan Sringin.

Kedua proyek itu terintegrasi dengan revitalisasi sungai banjir kanal timur yang merupakan proyek dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Tengah, Urip Sihabudin mengatakan, saat ini yang bisa diupayakan adalah mendorong kepada pemerintah pusat agar secepatnya dibuat Detail Enginering Design (DED) nya.

“Prosesnya sedang berjalan untuk studinya. Upaya kami, ya mendorong tahun ini bisa tuntas pembuatan DED-nya,” tandas Urip di Semarang, Senin (16/5).

Sehingga, lanjut dia, harapannya pada tahun depan sudah bisa dikerjakan pembangunan polder Banger dan Sringin. Jika sudah ada polder di sekitaran Kaligawe dan Genuk maka persoalan rob di kawasan pesisir Semarang terutama di Kaligawe dan Genuk sudah bisa ditanggulangi.

Seperti diketahui, Kementerian PUPR memang akan merevitalisasi sungai banjir kanal timur sebagai upaya pencegahan banjir di kawasan Semarang Timur. Proyek itu baru akan dikerjakan pada 2017 mendatang dengan dana murni dari APBN. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)