Banjir Brebes, Pemprov Pasok Logistik Pengungsi

Banjir di Kabupaten Brebes
Pj Gubernur Jawa Tengah meninjau lokasi banjir di Kabupaten Brebes.

Semarang, Idola 92,6 FM-Wilayah Kabupaten Brebes belum lama ini terjadi bencana banjir, akibat meluapnya Sungai Pemali karena intensitas hujan terus meningkat.

Akibatnya, ribuan rumah warga sempat terendam banjir.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan pemprov sudah mengirimkan bantuan logistik, bagi para pengungsi banjir di wilayah Brebes. Hal itu dikatakan saat meninjau banjir di Desa Kedung Tukang, Kecamatan Jatibarang, kemarin.

Nana menjelaskan, dalam bencana banjir di Brebes akibat luapan Sungai Pemali itu tidak ada tanggul yang jebol.

Namun, banjir merendam permukiman warga dan lahan persawahan milik penduduk.

Menurut Nana, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng memberikan bantuan senilai Rp300 juta berupa sembako dan obat-obatan.

Pemprov juga menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial senilai Rp118.305.000, untuk penanganan banjir di daerah tersebut.

“Dampaknya cukup besar ada di enam kecamatan dan dua kecamatan longsor. Ada sekitar 36 desa dan kurang lebih tujuh ribu rumah yang terdampak banjir. Awalnya pengungsi ada 850an orang tapi sekarang sudah mulai berkurang dan air banjir juga sudah surut,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, pemprov sudah mendirikan beberapa dapur umum untuk mendistribusikan makanan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Terdapat tiga titik dapur di kecamatan Brebes, untuk menyuplai makanan bagi masyarakat.

“Untuk mengantisipasi banjir di daerah tersebut, sebenarnya Pemprov Jateng sudah antisipasi dari awal dengan pembuatan tanggul beton pada 2016 lalu. Cuma kalau intensitas airnya cukup tinggi, sehingga airnya meluap. Ini akan kami evaluasi, apakah akan kami tinggikan kembali , nanti hasil evaluasi baru kita melakukan langkah-langkah,” pungkasnya. (Bud)