PT Pelindo III Tertantang Program Kemaritiman Jokowi

Semarang, Idola 92.6 FM – PT Pelindo III berupaya mewujudkan proyek tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan memaksimalkan lima pelabuhan di wilayah operasinya.

Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III Edi Prayitno di Semarang, Jumat (9/9) mengatakan, untuk mendukung program tol laut yang menjadi program Presiden Jokowi tidak mudah karena banyak tantangannya. Namun demikian, pihaknya terus berupaya mewujudkan program itu.

Khusus untuk pelabuhan di bawah PT Pelindo III, jelas Edi, pencanangan tol laut dilakukan di lima pelabuhan.

“Lima pelabuhan itu, Tanjung Perak, Tanjung Emas, Banjarmasin, Sampit dan Kupang,” ujar Edi.

Menurut Edi, tol laut merupakan konektivitas antara pelabuhan-pelabuhan yang bisa dilakukan secara langsung sehingga proses pengiriman barang bisa cepat.

Akan tetapi, kata dia, kenyataan di lapangan masih ada kendala, salah satunya yang masih dihadapi adalah tidak berimbangnya sarana dan prasarana antara satu pelabuhan dengan lainnya.

“Totalnya di seluruh Indonesia ada 24 pelabuhan yang dilibatkan pada program tol laut ini Hanya saja memang ada tantangan yang cukup besar,” ungkap Edi.

Diterangkannya salah satu kendala di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang misalnya yang sudah memiliki sarana prasarna yang baik. Namun, lanjutnya, ketika dikoneksikan dengan pelabuhan di Kupang terjadi ketimpangan.

Oleh karena itu, pihaknya menambah kontainer crane di Pelabuhan Kupang menjadi dua unit, agar mampu bersanding dengan sarana pelabuhan di Semarang. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaPertamina Siapkan SPBU Mobile Di Titik Macet Brebes
Artikel selanjutnyaE-Katalog Wujudkan Pengadaan Barang Dan Jasa Yang Transparan