Sekda Jateng: Tidak Ada Masalah Anggaran Pilkada

Semarang, Idola 92.6 FM – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono menyatakan seluruh anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pilkada serentak 2017 di enam kabupaten dan satu kota di provinsi tersebut telah disalurkan.

“Semua anggaran sudah beres, NPHD juga telah ditandatangani. Yang sebelumnnya Kabupaten Batang dan Kota Salatiga juga tidak ada masalah lagi soal anggaran,” ujarnya di Semarang, Kamis (15/9).

Menurutnya, pencairan dana Pilkada itu dilakukan melalui naskah perjanjian hibah daerah antara pemprov dan pemkab/pemkot dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing daerah.

Seperti diketahui, sebelumnya terjadi kekurangcocokan anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pilkada ditujuh daerah di Jawa Tengah.

Misalnya Kota Salatiga, pemkot setempat baru mengalokasikan anggaran Pilkada 2017 senilai Rp 1 miliar dari kebutuhan dana Rp 3,02 miliar.

Sedangkan Pemkab Batang, baru menyediakan dana Rp 2,5 miliar dari kebutuhan anggaran senilai Rp 11,17 miliar.

Sri Puryono menambahkan, bahwa KPU Jawa Tengah saat ini telah mengusulkan anggaran untuk Pilkada 2018 mendatang senilai Rp 1,3 triliun. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaPilkada 2017, KPU Diminta Tetap Independen
Artikel selanjutnyaPengiriman Sabu 12 Gram Lewat Jasa Paket Digagalkan