Tol Bawen-Salatiga Tidak Dipaksakan Untuk Jalur Alternatif Mudik

Semarang, Idola 92.6 FM – Menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2016, PT Trans Marga Jateng (TMJ) berencana memfungsikan ruas tol Bawen-Salatiga. Rencana itu sebagai antisipasi jika jika jalan nasional sebagai jalur utama Bawen menuju Salatiga dan Boyolali tidak mampu menampung jumlah kendaraan pemudik sehingga menyebabkan kemacetan.

Namun, ruas tol Bawen-Salatiga tidak akan dipaksakan untuk digunakan saat arus mudik Lebaran nanti karena belum 100 persen optimal selesai dikerjakan sebagai jalur alternatif.

Staf Utama Direksi PT TMJ Ari Nugroho, Sabtu (25/6) mengatakan, pihaknya tidak ingin gegabah dan mengabaikan keselamatan pemudik dengan membuka ruas tol Bawen-Salatiga sebagai jalur alternatif ketika masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Menurutnya, ruas jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,5 kilometer saat ini tengah dalam masa pengerjaan dan terus dikebut agar selesai sesuai jadwal. Sehingga bisa digunakan untuk pemudik yang menuju ke daerah di selatan Jawa tengah seperti Boyolali dan sekitarnya.

“Rekayasanya, nanti kendaraan akan dilewatkan ke jalan Tuntang dan masuk di jalan proyek Bawen-Salatiga. Nanti, keluarnya di Tinggir Salatiga. Ini hanya untuk kendaraan kecil saja,” tandasnya.

Sementara itu, PT TMJ akan menyiagakan mobil Derek, ambulan dan patroli jalan raya meski jalan tol hanya sebatas digunakan sebagai jalur alternatif yang juga dikhawatirkan belum akan selesai pengerjaanya. Selain itu, petugas jaga juga sudah disiapkan di beberapa titik ruas tol Bawen-Salatiga. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaRei Jateng: 80 Persen Pengembang Fokus Bangun Rumah FLPP
Artikel selanjutnyaMenyeruput Seduhan Kopi Arab Di Masjid Menara
Editor In Chief Radio Idola Semarang.