Condro: Keberagaman Harus Dikelola Para Pemimpin di Indonesia

Semarang, Idola 92.6 FM – Munculnya isu dan tantangan kebhinekaan yang ada di Indonesia dalam waktu beberapa tahun ke belakang ini, ditangkap Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dan dituangkan dalam sebuah buku berjudul “Memimpin dalam Keberagaman, Kearifan Lokal Menjaga NKRI.”

Dalam bedah bukunya yang dilakukan di Patra Convention and Hotel Semarang, Senin (18/12), kapolda menjelaskan upaya menjaga dan merawat kebhinekaan adalah suatu hal yang mutlak dibutuhkan bangsa Indonesia sekarang ini.

Menurutnya, seorang pemimpin memiliki peran penting di dalam menjaga kebhinekan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab, Indonesia memiliki keberagaman etnis, suku, agama dan ras.

Condro menjelaskan, saat dirinya bertugas di Papua, dalam satu kecamatan terdapat beragam suku dan bahasa. Sehingga, keberagaman menjadi sesuatu yang istimewa di Indonesia dan harus dijaga serta dirawat.

“Penuh keberagaman. Jadi, bagaimana kita mengelola keberagaman itu supaya tetap bisa terjaga kondusivitas wilayah dan tidak terjadi perpecahan. Mudah-mudahan, buku yang saya tulis bisa memberikan wawasan ilmu pengetahuan dan pencerahan. Syukur-syukur, memberi inspirasi kepada keluarga besar Polri maupun masyarakat,” kata Condro.

Dirinya berharap, melalui buku yang ditulisnya tersebut menjadi referensi sejumlah pihak untuk mengelola kebhinekaan di Tanah Air. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertamina Yakinkan Masyarakat Miskin, Bahwa Tidak Ada Peralihan Ke Bright Gas 5,5 Kg
Artikel selanjutnyaGerbang Brexit Jadi Pantauan Selama Libur Akhir Tahun

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini