Kapolda: Perayaan Natal di Jateng Kami Siap Amankan

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat menyapa pedagang daging ayam di Relokasi Pasar Johar, Senin (24/12).

Semarang, Idola 92.6 FM – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan momentum perayaan Natal menjadi hari bahagia bagi umat Nasrani, untuk bertemu dengan sanak keluarga yang jauh atau di perantauan. Kebanyakan, umat Nasrani akan menghabiskan waktu malam Natal hingga perayaannya di gereja-gereja terdekat.

Guna memberikan jaminan keamanan kepada umat Nasrani yang merayakan Natal, jelas kapolda, pihaknya menyebar seluruh personel di sejumlah titik-titik konsentrasi masyarakat di malam Natal. Salah satunya adalah tempat ibadah umat Nasrani atau gereja, dan juga lokasi-lokasi lain yang dijadikan pusat peribadatan untuk perayaan Natal.

Menurutnya, pola pengamanan perayaan natal di sejumlah gereja dan tempat ibadah umat Nasrani lainnya bersifat terbuka dan tertutup. Yakni, untuk personel berseragam ditempatkan di lokasi pintu masuk atau lokasi yang butuh penjagaan. Sedangkan pengamanan tertutup, petugas cenderung melakukan pengamatan dari sekitar lokasi.

Untuk pengamanan di Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Semarang, jelas kapolda, maka pihaknya akan memerbanyak personel yang berjaga. Termasuk, sebelumnya juga akan dilakukan sterilisasi di gereja sebelum digunakan untuk misa pertama Natal.

“Kita lakukan pengamanan. Khusus Natal dan Tahun Baru ini ada gabungan penambahan kekuata, dari ormas-ormas keagamaan ikut mengamankan gereja bersama TNI/Polri. Termasuk juga dari keluarga besar gereja itu sendiri, pemuda-pemuda gereja. Untuk pengamanan di gereja kita lihat situasinya. Kalau gerejanya katedral atau lebih besar, ya kita pertebal personelnya atau ditambah jumlahnya. Kalau gerejanya tidak begitu besar ya, disesuaikan dengan jumlah jemaatnya,” kata kapolda, Senin (24/12).

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Jateng, pihaknya mengerahkan 16.574 personel. Terdiri dari 8.253 personel Polda Jateng, 1.431 personel TNI dan personel gabungan lainnya 6.890 orang untuk mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (Bud)

Artikel sebelumnyaAkhir Tahun, Penjualan Barang Elektronik Naik 60 Persen
Artikel selanjutnyaDengan Tol Trans Jawa Akan Mudahkan Akses Wisatawan ke Obyek Wisata di Jateng

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini