Dinas Perhubungan Antisipasi Potensi Pasar Tumpah di Jalur Mudik

Pedagang di Pasar Bulukamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah masih berjualan di badan jalan Pantura, Jumat (10/7). Kondisi ini merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan dalam arus mudik di Pantura pada tahun ini. Kompas/Fabio M Lopes Costa (FLO) 10-07-2015

Semarang, 92.6 FM-Guna memberi rasa aman dan nyaman kepada para pemudik yang melintas di Jawa Tengah, Dinas Perhubungan Jateng bekerjasama dengan kepolisian setempat dan aparat Satpol PP, sejak jauh hari melakukan antisipasi pasar tumpah. Misalnya di wilayah Kabupaten Brebes, potensi pasar tumpah ada di wilayah Linggapura, Tonjong dan di Bulakamba.

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Jawa Tengah Agus Sasmito mengatakan, sejak sebelum puasa, pihaknya sudah melakukan antisipasi. Yakni, dengan menertibkan para pedagang yang sebelumnya berdagang di luar pasar hingga ke bahu jalan, agar masuk ke komplek pasar. Kemudian, memasang pagar betis di sekitar pasar, sehingga pedagang tidak kembali lagi.

“Untuk antisipasi pasar tumpah di jalur mudik, kami sudah berkoordinasi dengan polres setempat dan Satpol PP. Di pasar-pasa tradisional yang potensi sebagai pasar tumpah, kami pasang pagar betis,” kata Agus.

Agus menjelaskan, dengan antisipasi yang dilakukan terhadap keberadaan pasar tumpah itu, maka pemudik bisa lancar dan aman saat melintas di Jawa Tengah. Karena, pasar-pasar tradisional yang berada di sepanjang jalur pantura dan selatan sudah ditertibkan sejak jauh hari. (Bud)

Artikel sebelumnyaIndonesia Defisit 17 Ribu Profesor, Apa Dampaknya Dan Bagaimana Jalan Keluarnya?
Artikel selanjutnyaGubernur: TPID Harus Waspadai Kenaikan Harga Bawang Merah dan Bawang Putih