Kementerian PUPR Jamin Jalur Pantura Tidak Tergenang Rob Saat Lebaran

Semarang, 92.6 FM-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjamin, sepanjang jalur pantai utara Jawa (pantura) tidak akan tergenang rob. Sebab, pihaknya sudah melakukan sejumlah antisipasi jika memang terjadi kondisi ekstrim, dan menyebabkan genangan rob mengganggu perjalanan pemudik. Salah satunya, dengan menyiapkan sejumlah pompa yang sifatnya berkeliling untuk menyedot genangan air rob.

Namun demikian, jelas Basuki, sesuai dengan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Juni 2017 tidak terjadi cuaca ekstrim.

“Antisipasinya, saya siapkan pompa kalau memang ekstrim betul. Tapi ini bulan juni dan BMKG sudah memberi laporan tidak ada cuaca ekstrim. Kami siapkan pompa untuk mobile. Kalau rob tidak ada, tapi kalau genangan air karena hujan hanya spot-spot saja,” kata Basuki.

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, jalur mudik di jalan nasional Semarang, tepatnya di kawasan Kaligawe dan Terboyo terbebas dari rob. Sebab, pembangunan tanggul dan polder sudah bisa digunakan untuk mengendalikan luapan air laut. Pembangunan polder yang ada, mampu untuk menampung aliran Kali Sringin yang mengalir dari Tenggang. (Bud)

Artikel sebelumnyaPLN Beri Diskon Biaya Sambung Tambah Daya, Khusus Rumah Ibadah Bebas Biaya
Artikel selanjutnyaMenteri PUPR Pastikan Jalan Nasional Bisa Dilalui Pemudik Saat Lebaran