Pemprov Masih Kekurangan PNS Akibat Pembatasan Kuota Dari Pemerintah Pusat

Semarang, 92.6 FM-Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah Arief Irwanto mengatakan, pada tahun ini ada lebih dari tiga ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemprov yang memasuki masa pensiun. Dalam jangka lima tahun ke depan, total ada 10.700 pegawai yang pensiun.

Usulan kebutuhan yang diajukan ke pemerintah pusat, jelas Arief, setiap tahun tidak lebih dari dua ribu pegawai. Sebagai contoh tahun ini saja, usulan yang disetujui dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) hanya 1.800 pegawai.

Padahal, kebutuhan pegawai di 2017 sebanyak 8.600 orang. Hal itu tidak lepas, sejak 2015 hingga sekarang moratorium masih diberlakukan dan perekrutan pegawai baru menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Perekrutan baru itu keputusannya ada di pemerintah pusat. Setiap tahun kami selalu mengajukan sesuai kebutuhan, tapi yang disetujui jauh dari harapan,” kata Arief.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, untuk perekrutan 1.800 pegawai baru tahun ini akan difokuskan pada tenaga kesehatan dan sisanya tenaga teknis. Sedangkan untuk tenaga kependidikan, jumlahnya sekarang masih banyak seiring alih status guru SMA negeri sederajat dari kabupaten/kota ke provinsi. (Bud)

Artikel sebelumnyaKPK Bentuk Komite Advokasi Antikorupsi Regional Di Jawa Tengah
Artikel selanjutnyaPabrik Garam di Pati Segera Dibangun

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini