PLN Optimalkan Keandalan SCADA Sebelum Bulan Puasa

Semarang, 92.6 FM-Memasuki bulan puasa, PT PLN (Persero) Area Pengatur Distribusi Jateng-DIY melakukan optimalisasi dalam rangka menjaga keandalan pasokan listrik selama Ramadan. Kegiatan itu meliputi pemeriksaan kondisi peralatan, kehandalan peralatan Supervisory, Control, Data And Acquisition (SCADA), pemeliharaan jaringan 20 KV dan apel kesiapan personel. Dari sisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3), juga dilakukan simulasi penanggulangan kebakaran.

Asisten Manajer SCADA dan Telekomunikasi Angga Rajasa mengatakan, sistem SCADA atau remot listrik jarak jauh saat ini telah terpasang di jaringan distribusi tenaga listrik. Dengan pemasangan SCADA, penormalan pascagangguan bisa dilakukan lebih cepat dan meminimalisir pekerjaan manual.

“Sebelum adanya keypoint, penormalan harus dilakukan secara manual ke lokasi gangguan. Sekarang sudah ada keypoint, penormalan bisa dilakukan di ruang kontrol,” kata Angga dikutip dari rilis yang diterima Radio Idola, Jumat (26/5).

Angga menjelaskan, sampai dengan akhir April 2017 kemarin, tercatat ada 2.243 unit keypoint yang tersebar di seluruh wilayah Jateng-DIY.

Personel PLN siap amankan jaringan listrik selama bulan Ramadan.

Sementara itu, Manager APD Jateng-DIY Arsyadany Ghana Akmalaputri menambahkan, pihaknya terus melakukan kegiatan dan pemantauan kelistrikan di lapangan selama bulan Ramadan. Karena, pasokan listrik tidak boleh terganggu dan personel tetap fokus bekerja serta mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

“Komitmen kami terhadap keselamatan kerja teman-teman di lapangan menjadi nomor satu. Untuk itu, kami minta petugas di lapangan fokus bekerja dan aware terhadap bahaya kebakaran yang bisa terjadi setiap waktu,” ujarnya.

Lebih lanjut Arsyadani menjelaskan, PLN selalu berupaya melakukan perbaikan dalam melayani masyarakat. Terutama, yang menyangkut percepatan penanganan gangguan, agar masyarakat bisa khusuk melakukan ibadah di bulan puasa tanpa gangguan kelistrikan. (Bud)

Artikel sebelumnyaBidik Mahasiswa Jadi Calon Peserta, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Kuliah Umum di Undip
Artikel selanjutnyaPertamina Pastikan Pasokan Elpiji 3 Kg Selama Ramadan Hingga Lebaran Aman

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini