Sektor Pariwisata Jadi Unggulan Ekonomi Masa Depan Indonesia

Jakarta, Idola 92.6 FM-Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan saat ini dektor pariwisata di Indonesia, menjadi satu di antara masa depan ekonomi nusantara. Sebab, tren pariwisata di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, peningkatan itu harus terus dimaksimalkan.

- Advertisement -

Menurutnya, sektor pariwisata benar-benar memberikan dukungan pertumbuhan ekonomi bagi suatu daerah. Misalnya Bali, sektor pariwisata menjadi andalannya.

Setiap tahunnya, wisatawan domestik maupun mancanegara mengandalkan Pulau Dewata sebagai jujugan pariwisata. Sehingga, mesti tidak mempunyai komoditas unggulan, Bali dengan sektor pariwisatanya bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi setempat.

“Sebagian besar adalah sektor pariwisata di Bali. Ekonomi Bali bisa tumbuh antara 6-6,5 persen. Jadi, kalau bisa menciptakan Bali-Bali yang lain di seluruh Indonesia, maka ketergantungan terhadap komoditas sebagai unggulan ekspor bisa diganti dengan pariwisata,” kata Mirza.

Lebih lanjut Mirza menjelaskan, sektor pariwisata berpotensi menjadi sektor pendorong pertumbuhan ekonomi ke depannya. Bahkan, melalui sektor pariwisata juga bisa membuka lapangan kerja baru. Baik lapangan kerja mandiri maupun kelompok. (Bud)