Berdayakan Masyarakat, Bina Marga Bentuk Kelompok Peduli Jalan

Semarang, Idola 92.6 FM – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga Jateng Hanung Triyono mengatakan kelompok Masyarakat Bina Marga disebar di semua wilayah, untuk memonitor jalan-jalan milik provinsi. Sehingga, ketika terjadi kerusakan jalan bisa segera menginformasikan ke jajaran setempat untuk segera diperbaiki. Atau, jika kerusakan jalan masih bisa ditangani secara darurat maka kelompok Masyarakat Bina Marga tersebut bisa melakukannya.

Menurutnya, Masyarakat Bina Marga diutamakan bagi mereka yang bertempat tinggal di sekitar jalan milik provinsi. Masyarakat Bina Marga itu bisa terdiri dari masyarakat sekitar atau lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Setiap kelompok Masyarakat Bina Marga, jelas Hanung, bisa berjumlah 10-15 orang. Pihaknya akan memberikan upah setara dengan upah minimum regional (UMR) bagi anggota kelompok Masyarakat Bina Marga.

“Kita coba membuat kelompok masyarakat yang bisa paling tidak kita calling dia sudah siap. Kita bisa biayai dia. Jadi, dengan Masyarakat Bina Marga itu sebenarnya dia pada utamanya pelaksanaan rutin jalan. Sampai dengan saat ini, Masyarakat Bina Marga sudah berjalan semua di wilayah Jateng,” kata Hanung di Semarang.

Lebih lanjut Hanung menjelaskan, dari data yang ada, Masyarakat Bina Marga Purwodadi dianggap cukup aktif di dalam memonitor jalan provinsi di wilayahnya itu.

“Ya banyak yang lainnya, dan kami mengapresiasi kinerja mereka,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudirman: Stop Korupsi di Jateng
Artikel selanjutnyaIstimewa, Industri Perbankan Jateng Tumbuh Lebih Baik Dari Nasional

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini