Dinas Bina Marga Jateng Sarankan Pemudik Lewat Jalan Alternatif Saat Siang Saja

Semarang, Idola 92.6 FM – Guna memecah kemacetan dan mengurai kepadatan di jalur utama mudik, sudah siap jalan provinsi sebagai jalur alternatif. Mulai dari jalur tengah maupun selatan, dengan kondisi jalan yang memadai untuk dilalui pemudik.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Bina Marga, Pekerjaan Umum dan Cipta Karya Jawa Tengah Hanung Triyono mengatakan menjelang arus mudik Lebaran ini, sejumlah ruas jalan milik provinsi dilakukan perbaikan dan peningkatan. Sehingga, pada H-10 Lebaran nanti sudah selesai atau dihentikan sementara untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik yang melintas.

Menurutnya, untuk jalur alternatif lintas utama pantura dari Jabar ke Jateng dmulai dari Losari sampai perbatasan Jating di daerah Rembang-Tuban. Sedangkan jalur tengah dimulai dari Semarang, Gubug, Purwodadi sampai Blora dan mengarah ke Bojonegoro, Jatim.

Sementara lintas selatan-selatan, lanjut Hanung, mulai dari Banyumas dan Cilacap. Ruas itu menghubungkan Patimuan sampai batas Yogyakarta.

“Untuk di jalan-jalan provinsi kan kalau Lebaran menjadi jalur alternatif. Misalnya di sejajar Pantura dari Banjarsari-Pejagan-Ketanggunan-Slawi-Pekalonan-Pemalang-Batang-Boja-Ungaran,” kata Hanung.

Lebih lanjut Hanung menjelaskan, yang saat ini perlu diperhatikan adalah penambahan rambu petunjuk jalan menuju jalur alternatif. Sehingga, para pemudik yang akan mengambil jalur altenatif tidak tersesat. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudirman Said Sebut Program Ayo Obah Mulai Tampakkan Hasil
Artikel selanjutnyaKemenhub Siapkan Rekayasa Lalin di Krapyak Saat Arus Mudik