BI Jateng Siapkan Rp23,4 Triliun Untuk Lebaran Nanti

Semarang, Idola 92.6 FM – Menyambut Ramadan dan Lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Tengah akan menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp23,4 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Hamid Ponco Wibowo memerkirakan, kebutuhan uang selama Ramadan dan menyambut Lebaran akan ada peningkatan.

Menurutnya, peningkatan tersebut terjadi sebesar 14 persen dari tahun sebelumnya. Terutama untuk penukaran uang baru.

Ponco menjelaskan, peningkatan kebutuhan penukaran uang baru pada periode Lebaran tahun ini juga berkaitan dengan adanya penambahan hari libur Lebaran dari pemerintah.

Biasanya, lanjut Ponco, tradisi masyarakat memberikan salam tempel di hari raya menjadi alasan naiknya permintaan penukaran uang baru.

“Jadi, kebutuhan uang selama Ramadan dan Lebaran kita sudah siapkan untuk Semarang saja sekitar Rp9,7 triliun. Kalau untuk Jawa Tengah ada sekitar Rp23,4 triliun. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu ada peningkatan sebenarnya. Jadi, kalau normalnya itu per bulan sekitar Rp5 triliun sampai Rp6 triliun. Tapi, sebenarnya karakteristik Jawa Tengah itu kan inflow ya,” kata Ponco.

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, pecahan uang baru yang paling dibutuhkan masyarakat adalah pecahan Rp100 ribuan, diikuti Rp50 ribuan dan paling banyak adalah pecahan Rp20 ribuan.

“Di Jateng ini tradisi memberi salam tempel kepada anggota keluarga paling muda masih dipegang sampai sekarang. Jadi, saya sudah minta perbankan untuk ikut menyiapkan uang tunai dalam jumlah cukup di mesia ATM,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaLebaran, 7 Jembatan Timbang di Jawa Jadi Rest Area
Artikel selanjutnyaPLN Beri Bantuan Pendidikan Rp129 Juta di Program PLN Mengajar

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini