BNPB: Jateng Masuk Kategori Provinsi Rawan Longsor

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pihaknya sudah melakukan pemetaan, terhadap daerah-daerah di Indonesia yang rawan terjadi bencana tanah longsor.

Menurutnya, dari tahun ke tahun bencana tanah longsor terjadi wilayah-wilayah tersebut.

Dirinya menyebut, ada tiga provinsi yang rawan dan paling sering terjadi bencana tanah longsor. Sebab, wilayah tersebut seiring perjalanan waktu sudah berkembang menjadi kawasan budidaya dan permukiman padat penduduk.

“Kalau melihat sebaran bencana tanah longsor dari tahun ke tahun, sebenarnya daerah-daerah yang paling banyak kejadiannya ada di tiga provinsi. Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Memang secara alamiah, daerah-daerah itu berada di deretan gunung apin pegunungan maupun perbukitan,” kata Sutopo, kemarin.

Lebih lanjut Sutopo menjelaskan, bencana tanah longsor merupakan kejadian paling mematikan dan menimbulkan banyak korban jiwa. Terlebih lagi, jika masyarakat yang menempati daerah rawan longsor minim pengetahuan akan mitigasi bencana. (Bud)

Artikel sebelumnyaRevisi Desain APK Paslon Ditunggu KPU Jateng
Artikel selanjutnyaDigelontor Dana Desa, Pembangunan Wilayah Perdesaan Semakin Maju Pesat

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini