Bulog Penuhi Janji Beli Gula Milik Petani Lokal

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Perum Bulog Divre Jawa Tengah M Sugit Tedjo Mulyono mengatakan sesuai dengan kesepakatan pemerintah dengan Asosias Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), maka pihaknya sudah membeli gula milik petani dengan harga Rp9.700 per kilogramnya.

Dari kesepakatan dengan APTRI tersebut, jelas Sugit, pihaknya mengaku sudah menyerap gula petani sebanyak 2.100 ton dari empat pabrik gula (PG). Sedangkan alokasi pembelian gula petani untuk wilayah Jateng mencapai 38.348 ton.

Menurutnya, untuk wilayah Jateng penyerapan gula petani digiling di empat pabrik gula berstandar nasional Indonesia (SNI). Yakni Tasikmadu di Karanganyar, Sragi di Pekalongan, Pangkah di Slawi dan Rendeng di Kudus.

Sugit menjelaskan, apabila serapan gula petani bertambah, maka pihaknya akan melibatkan pabrik gula lainnya di Jateng.

“Per hari ini kami sudah menyerap 2.100 kilogram dar target 36 ribu kilogram. Kalau tidak menutup dan masih banyak, akan bisa diubah. Selama ini untuk penyerapannya di Pati, Tasikmadu, Pekalongan dan Tegal. Kualitasnya SNI dan tidak seperti model yang lama, disurvei-survei dulu. Kalau sepanjang diberikan sertifkasi dari pabrik gula yang dikeluarkan pihak ketiga yang ditunjuk, maka itu diterima Bulog,” kata Sugit, kemarin.

Lebih lanjut Sugit menjelaskan, untuk penyerapan gula dari petani mekanismenya ada perubahan. Jika periode sebelumnya harus disurvei terlebih dahulu, maka sekarang cukup dari pabrik gula dan langsung dibeli Bulog.

“Yang paling besar itu dari Tasikmadu, sebanyak 1.100 ton dan disusul Rendeng dengan 464 ton. Semuanya sudah kami bayar,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDengan GPN, Aksi Surcharge Bisa Diminimalkan
Artikel selanjutnyaDinkes Slawi Targetkan Open Defecation Free Pada 2019 Mendatang

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini