Duh, Baru 10 Persen Masyarakat Manfaatkan Pembayaran Secara Elektronik

Semarang, Idola 92.6 FM – Masyarakat moderen sekarang ini mulai mengalihkan pembayaran belanja, dari uang kartal ke transaksi elektronik. Namun, jumlah tersebut masih terbilang sedikit dan didominasi masyarakat perkotaan.

Kepala Divisi Pengembangan Gerbang Pembayaran Nasional Direktorat Elektronifikasi dan Gerbang Nasional Bank Indonesia Aloysius Donanto mengatakan sistem pembayaran dengan transaksi elektonik, ternyata belum banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Buktinya, baru 10 persen masyarakat yang sudah memanfaatkannya.

“Masyarakat Indonesia belum semuanya terbiasa menggunakan transaksi elektronik. Padahal, kartu debit yang sudah diterbitkan di Idonesia saat ini di atas 140 juta kartu. Sementara, transaksi debit per hari kurang lebih Rp15 juta. Artinya, itu baru 10 persen saja penggunaan transaksi elektronik masyarakat Indonesia,” kata Donanto, kemarin.

Lebih lanjut Donanto menjelaskan, saat ini pun pemerintah juga ikut menggairahkan masyarakat melakuukan transaksi elektronik. Salah satu yang sudah dilakukan dan sedang berjalan adalah penggunaan kartu nontunai di gerbang tol, atau yang disebut dengan sistem elektronifikasi. Bahkan, pada tahun ini program bantuan sosial pemerintah kepada rumah tangga sasaran juga diarahkan lewat nontunai. (Bud)

Artikel sebelumnyaDengan Single Submission Bisa Awasi Alur Perizinan Yang Diajukan Investor
Artikel selanjutnyaPolitik Uang Melahirkan Pemimpin Yang Berjiwa Korupsi