Ganjar Ingatkan Warga Jateng Dukung Program Imunisasi

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada semua masyarakat, agar ikut menyukseskan program imunisasi yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Jateng.

Menurut Ganjar, program imunisasi merupakan langkah nyata di dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya wabah penyakit sejak usia dini.

Ganjar menjelaskan, banyak hal baik di dalam program pemberian imunisasi. Salah satunya melalui Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), yang sudah dilaksanakan sejak Agustus dan berakhir hingga November 2018 nanti.

Politikus PDIP itu menyatakan, imunisasi yang diberikan kepada anak-anak usia sekolah dasar (SD) kelas 1-2 tersebut untuk mencegah penyakit Rubella dan Campak.

“Termasuk kita bicara soal imunisasi, dan Jawa Tengah tidak akan menolak imunisasi. Kalau ada yang menolak imunisasi, bahaya itu. Dan problemnya biasanya soal gizi, tapi beberapa sudah kita deteksi daerahnya,” kata Ganjar belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pemprov akan mengawal program BIAS sampai ke tingkat kabupaten/kota dengan menyasar anak sekolah usia 7-8 tahun.

Sebelumnya, Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinkes Jateng Subur Hadi Marhaento menambahkan, program BIAS dilaksanakan kepada puskesmas di masing-masing daerah dan mendatangi tiap sekolah.

Menurut Subur, Kementerian Kesehatan menargetkan Dinkes Jateng capaian program BIAS tahun ini bisa tercapai 98 persen.

“Pada 2017, program BIAS kam mencapai 99,61 persen dan selalu melampaui target. Memang masih ada kendala orang yang menolak anaknya diimunisasi, tapi itu tidak banyak,” ujarnya.

Diketahui, di Jateng ada 23.208 SD sebagai lokasi sasaran imunisasi dengan total 597.302 siswa. (Bud)

Artikel sebelumnyaPatra Jasa Beri Pelatihan Perhotelan ke Mahasiswa Udinus dan Stiepari
Artikel selanjutnyaKasus Pengeroyokan Suporter Persija, Menteri Yembise Minta Polisi Terapkan UU Perlindungan Anak