Ganjar: Mari Sama-sama Kurangi Sampah Plastik

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sampah plastik menjadi masalah bagi setiap negara, tidak terkecuali di Indonesia. Bahkan, Indonesia berada di posisi kedua di dunia sebagai penyumbang sampah plastik. Terutama, yang dibuang di wilayah perairan atau lautan.

Upaya mendaur ulang sampah plastik, jelas Ganjar, merupakan langkah jangka pendek. Namun, tidak cukup efektif untuk memusnahkan sampah plastik yang terus menggunung setiap tahunnya.

Menurutnya, harus ada upaya nyata dan kesadaran bersama semua pihak untuk tidak lagi membuang sampah plastik. Karena, sampah plastik butuh ratusan tahun untuk bisa terurai.

Oleh karena itu, jelas Ganjar, para aparatur sipil negara (ASN) di Jateng diharapkan bisa memulai dari dirinya untuk mengurangi sampah plastik. Salah satunya, tidak membiasakan menggunakan sedotan minuman di kantin. Sehingga, di lingkungan tempat tinggalnya juga bisa memberi contoh warga yang lain.

“Perintah dari dulu sudah pernah. Ini butuh membangun kesadaran untuk semuanya, mau melakukan itu. Ya harus kita kampanyekan bersama-sama gitu. Kita kurangi plastik bareng-bareng, termasuk buang sampahnya ya jangan sembarangan,” kata Ganjar belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar juga mengingatkan, para ASN juga bisa menjadi menjadi contoh di lingkungannya untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan. Terlebih lagi di musim hujan sekarang ini, tumpukan sampah yang dibuang sembarangan akan menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir. (Bud)

Artikel sebelumnyaMemitigasi Berbagai Ancaman Bencana Hidrometeorologi yang Sudah Mulai Terjadi di Berbagai Wilayah di Indonesia?
Artikel selanjutnyaPendidikan Berparadigma Induktif, Seberapa Mungkin Pemikiran Ini Diimplementasikan dalam Dunia Pendidikan Kita?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini