Ganjar: Pemuda Zaman Sekarang Harus Bisa Jadi Pengusaha Mandiri

Surakarta, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo dalam diskusi Ngopi Gayeng di Surakarta belum lama ini mengatakan tidak hanya untuk ekspor, kopi bisa menumbuhkan industri kreatif yang dikembangkan para pemuda di Jateng. Hal itu dikatakannya, menyikapi produk kopi lokal yang dimiliki Jateng bisa menjadi potensi besar dalam menumbuhkan perekonomian di provinsi ini. Sehingga, nantinya akan muncul usaha-usaha ekonomi kreatif dari produk kopi lokal Jateng.

Menurutnya, saat ini terus menjamur kedai-kedai kopi di wilayah Jateng dan menyajikan cara penyeduhan kopi. Sehingga, akan memunculkan nilai jual dari kopi tersebut.

Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, para pemuda di Jateng diminta bisa lebih kreatif untuk memulai startup bisnis dengan bahan dasar kopi. Sehingga, nanti akan memunculkan kedai kopi tidak hanya menjual minuman kopi saja tetapi bisa menjadi ajang beradu eksperimen dan teknik dalam menyeduh kopi.

“Ini adalah ekonomi kreatif yang bisa dimunculkan oleh anak-anak muda dan kita perlu promosikan, karena sumber-sumbe kopi kita sangat banyak. Ini kalau Bung Karno bilang berdikari dalam bidang ekonomi, maka entrepreneurship muncul. Nah, kalau kemudian orang bisa membangun usaha-usaha seperti ini, jangan jadi pegawai. Kita ciptakan lapangan kerja dan ekonomi kreatif ini yang saya suka,” kata Ganjar.

Lebih lanjut mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, jika tren kopi sebagai industri ekonomi kreatif berkembang, maka lapangan kerja akan terbuka dengan mudahnya. Dampak yang lebih luas, pemuda tidak lagi memimpikan menjadi pegawai tetapi beralih menjadi entrepreneurship sebagai pengusaha kopi. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Terus Maksimalkan Upaya Pengentasan Kemiskinan di Jateng
Artikel selanjutnyaIda Inginkan Perempuan Jadi Motor Penggerak Pengurangan Kemiskinan di Jateng