Ida Inginkan Perempuan Jadi Motor Penggerak Pengurangan Kemiskinan di Jateng

Surakarta, Idola 92.6 FM – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Ida Fauziyah mengatakan saat ini perempuan dan kemiskinan menjadi suatu permasalahan yang kompleks, sehingga harus segera diselesaikan. Sebab, Jawa Tengah merupakan lumbung besar bagi tenaga kerja wanita (TKW). Karena, banyak perempuan yang hidup di garis kemiskinan.

Menurutnya, salah satu program yang akan ditawarkan kepada kaum perempuan di Jateng dengan program Setara. Yakni Sejuta Wirausaha Perempuan.

Program tersebut, jelas Ida, direncanakan merupakan sinergitas antara pemerintah daerah dengan stakeholder untuk kepentingan perempuan.

Tujuannya, adalah menciptakan wirausaha untuk kesejahteraan perempuan.

“Jawa Tengah kan lumbung pengiriman TKW terbesar juga di Indonesia, karena memang ternyata kemiskinannya cukup tinggi. Di antara orang-orang yang miskin itu terdapat perempuan. Saya kira, semangatnya kita dorong UKM, karena memang perempuan paling banyak pelakunya. Kita beri pelatihan dan akses modal kepada perempuan,” kata Ida di Surakarta.

Lebih lanjut mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, upaya dalam mewujudkan program Setara itu adalah membantu perempuan untuk mengedukasi, mengasah keterampilan, mengarahkan ke akses modal dan membuka pasar bagi pelaku usaha peempuan.

“Kita akan fasilitasi dari modal hingga akses pasarnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGanjar: Pemuda Zaman Sekarang Harus Bisa Jadi Pengusaha Mandiri
Artikel selanjutnyaBagaimana Mencegah Kongkalikong Korupsi APBD?