Ganjar Pranowo: Perlu Politik Kesehatan Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan mengajak masyarakat untuk hidup sehat, dibutuhkan adanya politik kesehatan guna mengawalinya. Terlebih lagi, untuk mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Pernyataan itu dikatakannya, ketika menghadiri deklarasi Germas tingkat Kecamatan Semarang Selatan di GOR Tri Lomba Juang, Jumat (14/9).

Menurut Ganjar, politik kesehatan bisa dilakukan dengan hal yang sederhana. Misalnya dengan berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan bersama.

Politikus PDIP tersebut menjelaskan, gerakan bersih-bersih lingkungan pun sekarang juga sedang digalakkan Pemprov Jateng tiap Jumat. Diharapkan, hal itu akan menjadi tradisi harian setiap selesai olahraga.

“Sebenarnya Germas dijadikan politik kesehatan, apa itu, mencegah. Jadi, pola hidup sehat dimulai dari olahraga, makanan bergizi dan lingkungannya bersih. Nah ini kalau kita bisa menggerakkan setiap saat, akan bisa mencegah warga dari penyakit tidak menular dan menular. Dengan itulah, kualitas kesehatan kita akan meningkat,” kata Ganjar.

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, beberapa persoalan kesehatan di Jateng satu per satu akan diselesaikan. Salah satunya penurunan angka kematian ibu hamil dan melahirkan, serta kematian bayi dilahirkan. Yakni melalui program “Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng”.

“Hasil bisa kita lihat sekarang, cukup bagus dari tahun ke tahun. Tentu, ini yang kita harapkan agar warga Jateng makin terjamin kesehatannya,” ujarnya.

Oleh karena itu, jelas Ganjar, menarik persoalan kesehatan dari sisi hulu melalui politik kesehatan, maka akan bisa membawa kualitas masyarakat Jateng jauh lebih baik.

Sementara, usai deklarasi Germas Kecamatan Semarang Selatan, dilanjutkan dengan senam bersama. (Bud)

Artikel sebelumnyaDollar Terus Naik, Pengembang Ancang-ancang Naikkan Harga Rumah
Artikel selanjutnyaJangan Malas Membaca Buku! Ini Manfaatnya