Kemenkes: Idealnya Makan Buah Sebelum Makan Nasi

Semarang, Idola 92.6 FM – Makan buah dianggap sebagian besar masyarakat sebagai pelengkap, sehingga tidak banyak yang tahu manfaat sebenarnya.

Kepala Seksi Penyebarluasan Informasi Kesehatan Kementerian Kesehatan Pimanih mengatakan masyarakat Indonesia banyak yang salah paham, dengan cara mengonsumsi buah dilakukan setelah makan nasi. Padahal, seharusnya buah itu dikonsumsi sebelum makan nasi.

Menurutnya, anggapan masyarakat selama ini keliru yang menempatkan buah dimakan setelah makan nasi.

Oleh karena itu, jelas Pimanih, dengan melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada masyarakat, bisa membuka pemahaman tentang konsumsi makan buah sebelum makan nasi.

“Makanya diusahakan makan sayur dan buah. Dulu makan buah itu setelah makan, cuci mulut katanya. Padahal itu terbalik. Karbohidrat sudah ada, buah yang dimakan ada seratnya akan ikut hancur dengan karbohidrat. Jadi, yang benar makan buah dulu sehingga seratnya berfungsi,” kata Pimanih saat di Slawi, belum lama ini.

Lebih lanjut Pimanih menjelaskan, dengan makan buah terlebih dulu sebelum makan nasi akan meminimalkan mengomsumsi nasi cukup banyak. Karena, sepertiga dari perut sudah terisi dengan mengonsumsi buah.

“Jadi, porsi nasinya menjadi lebih sedikit,” ujarnya.

Sementara, Pimanih menjelaskan, bila konsumsi makanan seimbang dan dilengkapi dengan aktivitas fisik, maka hidup menjadi lebih sehat.

“Kalau sudah kena penyakit apalagi diabetes, maka biaya kesehatan makin mahal. Karena, diabetes itu ibu dari segala penyakit,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPolitik Memanas, Imbasnya Properti Lesu
Artikel selanjutnyaBagaimana Meredam Intoleransi Atas Nama Agama?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini