Kemenkes Ingatkan Masyarakat Tak Terlalu Banyak Makan Nasi Untuk Hindari Diabetes

Semarang, Idola 92.6 FM – Kementerian Kesehatan kini tengah getol-getolnya mengampanyekan “Isi Piringku”, sebagai pengganti dari slogan “4 Sehat 5 Sempurna” sebagai pedoman konsumsi harian untuk memenuhi gizi yang seimbang.

Kepala Seksi Penyebarluasan Informasi Kesehatan Kemenkes Pimanih mengatakan slogan “4 Sehat 5 Sempurna”, dalam perkembangan ilmu gizi tidak lagi tepat. Sehingga, Kemenkes mencoba mengampanyekan program “Isi Piringku” kepada masyarakat.

Menurutnya, “Isi Piringku” menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring. Terdiri dari 50 persen buah dan sayuran, serta sisanya adalah karbohidrat dan protein.

Pimanih menjelaskan, kampanye “Isi Piringku” menekankan untuk membatasi konsumsi gula, garam dan lemak dalam konsumsi harian. Karena, biasanya seseorang mengonsumsi gula sebanyak empat sendok makan tiap hari. Sedangkan garam hanya satu sendok teh dan lemak maksiml lima sendok makan.

“Meningkatkan makan sayur dan buah. Mengapa makan sayur dan buah? Sekarang banyak penyakit seperti diabetes. Mengapa engga minum teh manis tapi kena gula, karena porsi nasinya banyak. Kalau karbohidrat banyak, itu selain diabetes juga ada penyakit bawaan lainnya,” kata Pimanih saat kunjungan ke Slawi belum lama ini.

Lebih lanjut Pimanih menambahkan, di dalam program “Isi Piringku” tersebut juga diberikan kampanye pendamping. Yakni menekankan pada empat hal penting, mulai dari cuci tangan sebelum makan, minum air putih secukupnya dan memantau tinggi badan dan berat pajak.

“Ada baiknya kalau mulai mengonsumsi pangan lokal di daerah masing. Aktivitas fisik juga disesuaikan dengan kelompok usia berbeda,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaIzin Kepolisian Keluar, Bangsawan Asal Malaysia Siap Gebyar Idul Adha di Demak
Artikel selanjutnyaAyo Tukarkan Kartu Debit Lama ke Kartu Berlogo GPN ke Bank Terdekat

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini