Kemenkes Gandeng Provider Sediakan Layanan Informasi Resmi Kesehatan

Kemenkes Gandeng Provider
Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Maria Endang Sumiwi (tengah) didampingi Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan Baasir (kiri) menunjukkan platform layanan Tanya321.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Kesehatan menggandeng provider telekomunikasi, menyediakan akses layanan informasi kesehatan yang bisa digunakan masyarakat. Yakni Layanan Tanya321 yang bisa diakses 24 jam bebas biaya.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Maria Endang Sumiwi mengatakan akses informasi resmi dari Kemenkes itu seputar COVID-19 dan vaksin, kesehatan ibu dan anak,
pola hidup sehat, kesehatan mental dan edukasi penyakit lainnya. Hal itu dikatakan melalui siaran pers, kemarin.

Maria menjelaskan, dengan layanan ini masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait selama 24 jam sehari lewat aplikasi WhatsApp. Dengan adanya layanan ini dapat menjadi upaya peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi dalam mendukung program pemerintah melalui Kemenkes.

Menurutnya, masyarakat cukup menghubungi Tanya321 lewat WhatsApp di nomor 0819-0819-2-321 atau di link bit.ly/tanya321.

“Melalui fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi. Tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin, masyarakat juga dapat mengakses informasi kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya,” kata Maria.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan Baasir menambahkan, pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai wadah penyebaran informasi sangat relevan. Sebab, di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp pada 2021.

Menurut Marwan, penyebaran informasi resmi dari pemerintah dapat juga difasilitasi dengan layanan ini sehingga masyarakat dapat mengakses informasi umum resmi pemerintah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

“Kami sangat senang bisa berkolaborasi dan mendukung Kementerian Kesehatan dengan menerapkan teknologi seluler, untuk menyediakan layanan akses informasi kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Kolaborasi ini sekaligus menjadi wujud nyata kami mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif dan dapat secara mudah diakses masyarakat,” ucap Marwan.

Peluncuran layanan Tanya321 searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan Kemenkes, untuk memerkuat aktivitas promotif preventif. Yakni, salah satunya dengan memberikan edukasi agar menciptakan lebih banyak orang sehat dan memerbaiki skrining kesehatan serta meningkatkan kapasitas layanan primer. (Bud)