Menkes Minta Setiap Daerah Prioritas Penanganan PTM dan TBC

Semarang, Idola 92.6 FM – Kementerian Kesehatan sudah menetapkan prioritas isu kesehatan 2019, dan harus mendapat perhatian dari semua daerah untuk mengatasinya. Kelima prioritas isu kesehatan yang harus menjadi perhatian, dua di antaranya dianggap penting dan harus ditangani bersama. Yakni penyakit tidak menular (PTM) dan Tuberculosis (TBC).

- Advertisement -

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan setiap Dinas Kesehatan yang ada di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, harus bisa mengatasi dua persoalan tersebut dengan penanganan secara tepat dan terukur. Pernyataan itu dikatakannya ketika memberi arahan dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Jawa Tengah di Hotel Grand Arkenso Semarang, Minggu (24/3).

Menurutnya, untuk penyakit yang dulunya hanya diidap orang-orang kaya atau masyarakat perkotaan, sekarang sudah bergeser dan semua orang bisa terkena. Termasuk, perubahan dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular yang saat ini terjadi.

Nila menjelaskan, pergeseran penyakit menular ke penyakit tidak menular sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini. Bahkan, pada 2017 kemarin saja secara nasional beban penyakit tidak menular mencapai 70 persen. Sehingga, dibutuhkan strategi penanganan dan pengendalian terhadap penyakit tidak menular itu.

“Penyakit tidak menular itu yang harus kita perhatikan betul. Kemudian juga TBC. Jadi, artinya seluruh provinsi yang saya datangi memang hampir sama. Problemnya bagaimana menentukan penyakit TBC. Mari kita lakukan pemeriksaan rutin,” kata Nila.

Lebih lanjut Nila menjelaskan, dalam rakerkesda Jateng tersebut dirinya juga telah mendapat gambaran tentang berbagai persoalan kesehatan yang terjadi di provinsi ini. Bahkan, satu daerah dengan daerah lain pola pemetaannya berbeda.

“Tadi saya dengar kadinkes Boyolali dan Purworejo mengeluhkan hal yang sama, yaitu soal perilaku gaya hidup masyarakat sekarang sehingga memengaruhi meningkatnya penyakit tidak menular,” jelasnya.

Dirinya berharap, penanganan penyakit tidak menular tidak hanya dibebankan kepada Dinas Kesehatan saja. Karena, penyakit tidak menular bersumber dari perilaku hidup tidak sehat yang bermula dari gaya hidup masyarakat modern. (Bud)