Libur Akhir Tahun, BI Jateng Siapkan Uang Tunai Rp4.69 Triliun

Warga usai menukarkan uang pecahan kecil di mobil kas keliling milik Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng.

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Noor Yudanto mengatakan guna memenuhi kebutuhan uang tunai di masa liburan akhir tahun, pihaknya sudah menyiapkan uang kartal yang diperlukan masyarakat berbagai pecahan.

Menurutnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng telah memproyeksikan jumlah kebutuhan uang tunai dari perbankan maupun masyarakat selama libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Berdasarkan informasi dan pengajuan kebutuhan uang kartal dari perbankan yang ada di Jateng, jelas Noor, maka pihaknya menyiapkan Rp4,69 triliun. Kebutuhan uang kartal itu, kebanyakan untuk pengisian di mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Noor menjelaskan, kebutuhan uang kartal tahun ini lebih banyak dibanding periode libur akhir tahun sebelumnya. Pada 2017, kebutuhan uang kartal mencapai 2,75 tiliun. Artinya, ada peningkatan kebutuhan uang kartal sebesar 70 persen.

“Bahwa untuk menyambut Natal dan liburan akhir tahun, BI KPw Jawa Tengah menyediakan uang kartal Rp4,69 triliun. Tahun ini proyeksi itu didasarkan pada kebutuhan perbankan. Mereka sekarang banyak mesin ATM bertambah. Kalau diambil secara makro, banyak dari infrastruktur sangat positif bagi perekonomian daerah setempat,” kata Noor, kemarin.

Meningkatnya kebutuhan uang kartal di tahun ini, lanjut Noor, juga tidak lepas sudah tersambungnya jalan tol Trans Jawa yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2018. Di samping itu, libur akhir tahun ini juga berbarengan di liburan sekolah.

“Jadi, liburan akhir tahun ini juga cukup banyak. Sehingga, masyarakat banyak memanfaatkannya untuk pulang ke kampung halaman atau mengisi liburan dengan mengunjungi tempat wisata,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaWartawan Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, Sekda: Profesi Wartawan Penuh Risiko
Artikel selanjutnyaKunjungi Warga, PLN Edukasi Bayar Listrik Tepat Waktu

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini