Wilayah Ini Paling Tinggi Konsumsi BBM Saat Libur Natal

Rest Area KM 379A
Seorang pengendara sedang mengisi BBM di SPBU Rest Area KM 379A.

Semarang, Idola 92,6 FM – Selama masa libur Natal 2023 kemarin, ratusan ribu kendaraan memasuki wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Imbasnya, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah mencatat ada beberapa daerah mengalami peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) bila dibandingkan konsumsi harian normal.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan wilayah yang paling tinggi konsumsi BBM saat libur Natal 2023 ada di jalur pantura di antaranya Kabupaten Brebes mengalami kenaikan sebesar 24 persen dan Kabupaten Pekalongan sebanyak 23 persen serta Batal sebesar 22 persen. Pernyataan itu dikatakan lewat siaran pers, kemarin.

Brasto menjelaskan, selama masa libur Natal 2023 kemarin tercatat terjadi kenaikan konsumsi BBM di wilayah Jateng-DIY bila dibanding dengan konsumsi harian normal pada Oktober 2023.

Puncak konsumsi BBM saat Natal 2023 terjadi pada 23 Desember kemarin, untuk produk Dex Series dan Pertamax Series.

Menurut Brasto, untuk jenis Dexlite saat puncak arus lalu lintas Natal 2023 naik sampai 173 persen dan jenis Pertamina Dex naik hingga 73 persen serta Pertamax dan Pertamax Turbo naik 44 persen dan 62 persen.

“Penjualan Gasoline dan Gasoil tertinggi terjadi di KM 338A di ruas jalan tol Trans Jawa. Kenaikan Gasoline naik hingga 666 persen, dan untuk Gasoil terjadi di SPBU KM 429A naik 119 persen,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, saat libur Tahun Baru 2024 diperkirakan puncak konsumsi BBM pada Sabtu (30/12) sampai Senin (1/1) mendatang.

Kenaikan tersebut sudah diprediksi sebelumnya, karena wilayah Jateng maupun Yogyakarta merupakan daerah ideal atau jujugan bagi para wisatawan domestik yang membawa kendaraan pribadi.

“Stok BBM yang ada di SPBU kami pantau secara real time melalui sistem. Kami memastikan para wisatawan maupun masyarakat dapat memperoleh BBM dengan baik,” pungkasnya. (Bud)