Konsumsi Avtur Naik 74 Persen Saat Libur Nataru

Mengisi BBM Avtur ke pesawat
Armada mobil tangki sedang mengisi BBM Avtur ke pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Tengah mencatat, terjadi kenaikan cukup tinggi dari konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis Avtur saat masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Yakni di sejumlah bandara di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan selama masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, terjadi peningkatan konsumsi BBM semua jenis dan tertinggi adalah konsumsi Avtur. Pernyataan itu disampaikan melalui sambungan telepon, kemarin.

Brasto menjelaskan, persentase konsumsi Avtur menjadi persentase yang terbesar dibanding kenaikan produk BBM lainnya. Konsumsi Avtur 16 Desember 2022, naik hingga 74 persen dengan angka 321 Kilo Liter (KL) per hari.

Menurut Brasto, untuk kenaikan konsumsi Avtur ada di empat bandara di wilayah Jateng-DIY. Kenaikan terjadi di Bandara Adi Sumarmo Boyolali, Bandara Adi Sucipto Sleman, dan Bandara Yogyakarta International Airport Kulonprogo serta Bandara Internasional Jenderal Ahmad! Yani Semarang.

“Kenaikan Avtur tertinggi berada di Bandara Ahmad Yani dengan kenaikan sebesar 68,8 persen dan Bandara Adi Sumarmo sebesar 68,6 persen itu bila dibandingkan konsumsi harian normal,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, untuk jenis BBM lainnya juga mengalami kenaikan selama masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Konsumsi BBM terjadi kenaikan 17 persen dari rerata harian normal dari 12.613 KL per hari menjadi 14.722 (KL) per hari.

“Konsumsi di sejumlah fasilitas pengisian BBM di tol Trans Jawa melonjak persentasenya hingga 183 persen dibanding konsumsi harian pada kondisi normal,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenyorot Polemik Perppu tentang Cipta Kerja: Apa Urgensinya? Benarkah Ada “Kegentingan yang Memaksa?”
Artikel selanjutnya14 Ribuan Aduan Soal Perbankan Bandel Diterima OJK Sepanjang 2022
Wartawan senior Radio Idola Semarang.