Konsumsi Pertamax Naik 22 Persen Saat Puncak Libur Natal

Pertashop
Petugas saat melayani pembeli di Pertashop yang disiapkan di rest area jalan tol.

Semarang, Idola 92,6 FM – Selama masa libur Natal 2022 kemarin, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax mengalami kenaikan sebesar 22 persen bila dibandingkan konsumsi rerata di Oktober 2022. BBM jenis Pertamina Dex atau Dexlite, mengalami kenaikan konsumsi sebesar 33 persen dibandingkan rerata konsumsi pada Oktober 2022.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan selama libur Natal 2022 kemarin, pihaknya telah mencatat kenaikan konsumsi BBM di Jateng-DIY. Berdasarkan catatan Satuan Tugas (Satgas) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, peningkatan terjadi pada produk Pertamina Dex dan Dexlite serta Pertamax di puncak arus mudik pada 24 Desember 2022. Penyataan itu dikatakan saat dihubungi via telepon, Rabu (28/12).

Brasto menjelaskan, penjualan BBM jenis Gasoline dan Gasoil tertinggi terjadi di SPBU yang berada di tol Trans Jawa. Tercatat, kenaikan BBM jenis Gasoline naik hingga 190 persen atau dari 91 Kilo Liter (KL) per hari menjadi 181 KL per hari.

Menui, untuk BBM jenis Gasoil naik menjadi 58 persen dari 119 KL per hari menjadi 150 KL per hari.

“Kenaikan ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat lokasi Jawa Tengah menjadi titik ideal untuk pengisian BBM dari Jakarta yang telah menempuh jarak lebih dari 250 kilometer,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, guna mengantisipasi antrean di SPBU pihaknya menambahkan sembilan titik Kios Siaga Pertamina dan 87 unit PDS atau motoris untuk jalur non tol dan enam unit PDS atau motoris untuk jalur tol serta 58 SPBU kantong.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena Pertamina Patra Niaga selalu bersiaga dalam menyiapkan bahan bakar khususnya periode Natal dan Tahun Baru 2023 ini,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaRefleksi Bidang Hukum 2022: Adakah Proses dalam Bidang Hukum dalam Setahun Terakhir?
Artikel selanjutnyaFGD Forwakot Menagih Janji Semarang Semakin Hebat, Pengamat: Kinerja Pemkot Dinilai Positif
Wartawan senior Radio Idola Semarang.