Pertamina Siapkan SPBU di Jalur Selatan Jadi Rest Area Bagi Pemudik

Operator pertashop
Operator pertashop melayani masyarakat di wilayah perdesaan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah menjadikan SPBU di jalur pantai selatan Jawa (pansela), sebagai rest area atau tempat istirahat bagi para pemudik selama masa arus mudik balik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Setidaknya ada 16 SPBU di jalur pansela, dan empat di antaranya beroperasi selama 24 jam.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Dwi Puja Ariestya mengatakan menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 nanti, pihaknya sudah memersiapkan infrastruktur dan sarana prasarana penunjang. Pernyataan itu dikatakan di sela persiapan pengamanan BBM dan elpiji selama Nataru 2022/2023, Senin (19/12).

Puja menjelaskan, khusus untuk di jalur pansela tidak luput dari perhatian Pertamina dengan menyiagakan sejumlah SPBU. Tidak hanya mendukung kebutuhan BBM dan elpiji saja, tetapi juga sebagai tempat beristirahat bagi para pemudik pengguna jalan.

“Di situ kami sudah bangun SPBU. Jadi, di jalan Daendels saat ini sudah berdiri SPBU untuk melayani masyarakat yang lewat jalur pansela. Selain fokus di pantura, tentunya jalur pansela ini juga perhatikan sudah ada lembaga-lembaga penyalur kita yang existing. Ini sudah terbukti pada saat Ramadan dan Idul Fitri kemarin,” kata Puja.

Sementara itu Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menambahkan, pihaknya juga menyiagakan SPBU kantong untuk menyuplai BBM di wilayah tertentu yang jauh dari lokasi terminal BBM. Yakni berupa armada mobil tangki, yang berisi BBM dengan kapasitas tertentu.

Menurutnya, armada mobil tangki itu akan menjangkau SPBU yang mulai kehabisan BBM dan tidak perlu menunggu pengiriman terlalu lama.

“Jadi tidak perlu nunggu dari depot atau fuel terminal yang mungkin jaraknya jauh, cukup dengan SPBU kantong bisa segera memasok,” ujar Brasto.

Lebih lanjut Brasto meminta masyarakat, untuk bisa memanfaatkan layanan pelanggan Pertamina Call Center 135 maupun aplikasi MyPertamina jika membutuhkan pasokan BBM maupun elpiji. (Bud)

Artikel sebelumnyaLibur Natal dan Tahun Baru, Konsumsi BBM Diprediksi Naik 8 persen
Artikel selanjutnyaAntisipasi Peningkatan Penumpang Saat Nataru, Bandara Ahmad Yani Buka Posko Siaga
Wartawan senior Radio Idola Semarang.