Menhub: Mari Gunakan Jalan Nasional Selain Jalan Tol Saat Mudik

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan memasuki masa arus mudik Lebaran nanti, ia mengajak masyarakat pemudik tidak semuanya masuk ke jalan tol.

Menurutnya, sebagian pemudik lain yang menggunakan mobil bisa memanfaatkan jalan nasional atau jalur pantura. Sehingga, tidak menimbulkan penumpukan kendaraan di jalan tol.

Budi Karya menjelaskan, mendekati musim mudik Lebaran, pemerintah terus melakukan perbaikan dan penyelesaian infrastruktur penunjang arus mudik dan balik Lebaran 2018. Di antaranya adalah proyek jalan tol dan jalan nasional non-tol.

Saat ini, lanjut Budi Karya, pembangunan jalan tol sebagian besar sudah bisa dlalui pemudik saat Lebaran tahun ini. Begitu juga dengan perbaikan jalan nasional atau jalan non-tol dari Jakarta ke Surabaya. Kondisinya sudah mulus dan aman untuk dilalui.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada para pemudik tidak selalu mengandalkan jalan tol, baik tol operasional maupun tol fungsional. Sehingga, tidak terjadi penumpukkan kendaraan di jalan tol.

“Saya juga tidak fanatik jalan tol, karena saya sudah buktikan jalan nasional kita bagus. Jadi, selain jalan tol gunakanlah jalan-jalan nasional yang ada. Sampai Surabaya bagus semua,” kata Budi Karya di Semarang.

Lebih lanjut Budi Karya menjelaskan, untuk di Jawa Tengah dirinya menilai jika sudah menerima para pemudik saat Lebaran nanti. Hal itu dibuktikan, dari kesiapan infrastruktur yang telah memadai dan pemerintah daerah setempat juga siap menyukseskan angkutan Lebaran. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemerintah Berikan Bantuan Rp15 Juta Kepada Korban Ledakan Bom
Artikel selanjutnyaPertamina Siapkan Tambahan Pasokan BBM Untuk Lebaran