Menkes: Imunisasi Lengkap Efektif Cegah Difteri

Semarang, Idola 92.6 FM – Anak-anak harus mendapatkan imunisasi lengkap, untuk terhindari dari berbagai serangan penyakit. Salah satunya adalah difteri. Pernyataan itu dikatakan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek ketika membuka Kongres Nasional Obstetri dan Genekologi ke-17 di kompleks PRPP Semarang, Selasa (27/7).

Menurutnya, kasus difteri akan muncul terus menerus apabila seseorang tidak mempunyai kekebalan tubuh yang baik. Sehingga, upaya pencegahan dini dengan pemberian imunisasi lengkap saat masih anak-anak sangat diperlukan.

“Kalau ada kasus difteri karena kasus ini memang tidak akan bisa berhenti sama sekali hilang. Tapi begitu ada satu saja dan kita sudah menyatakan bahwa ini harus dilakukan Outbreak Respons Immunization. Jadi kita sergap kalau bahasa saja, biar tidak bisa meluas. Tapi saya mengingatkan, karena kasus yang dilaporkan itu anaknya tidak diimunisasi. Kalau kena ya itu risiko kita sendiri,” kata menkes.

Lebih lanjut Nila Moeloek menyatakan, tidak hanya edukasi untuk para orang tua saja yang perlu didorong agar memberikan imunisasi lengkap kepada anaknya, tetapi juga pihak berkompeten lainnya. Misalnya sekolah.

Ia pernah mendengar ada sekolah yang menolak anak didiknya diberikan imunisasi, padahan program imunsasi bermanfaat untuk daya tahan tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak.

“Kalau tidak imunisasi, ini risiko yang harus kita tanggung. Kalau kena sendiri tidak masalah, kalau nular ke yang lain kan disayangkan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKPU Tetapkan Ganjar-Yasin Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Terpilih Pilgub Jateng 2018
Artikel selanjutnyaJateng Masih Jadi Sasaran Empuk Pasar Narkotika Internasional

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini