Polri Jamin Calon Taruna Yang Diterima Merupakan Pilihan Terbaik Untuk Perwira Masa Depan

Semarang, Idola 92.6 FM – Asisten Sumber Daya Manusia Polri Irjen Pol Arief Sulistyono mengatakan pada tahun ini, Akademi Kepolisian (Akpol) akan menerima 250 calon taruna dan taruni dari 376 calon taruna yang dipanggil mengikuti seleksi di tingkat pusat. Seleksi akan dilakukan selama tiga pekan, di kompleks Akpol Semarang.

Selama tiga pekan itu, jelas Arief, proses seleksi menggunakan sistem gugur dalam empat tahap pemulangan. Penilaian akan dilakukan langsung, dan hasilnya disampaikan kepada para orang tua calon taruna melalui aplikasi gawai.

Menurutnya, untuk proses seleksi di tingkat pusat akan lebih berat dibanding saat di daerah. Sehingga, sepanjang penyelenggaraan di Akpol dijamin akan transparan dan berkualitas. Karena, hasilnya nanti akan mendapatkan calon perwira yang berkualitas.

Oleh karena itu, selama penyelenggaraan berlangsung, Polri menjamin proses seleksi bersih dari unsur KKN dan intervensi.

“Ini merupakan sebuah komitmen dari kami semua, dan tentu harapan saya dengan mengucapkan komitmen seperti proses seleksi ini betul-betul kita jamin transparan dan obyektif. Ini jaminan untuk membangun organisasi kepolisian menjadi baik. Baik buruknya kinerja polisi itu 70 persen dipengaruhi bagaimana mencetak sumber daya manusianya,” kata Arief saat berada di Akpol, kemarin.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, saat proses seleksi di daerah pihaknya menemukan sejumlah pelanggaran pidana berupa penipuan dengan dalih bisa masuk ke Akpol mudah. Ada sembilan kasus yang saat ini sedang ditangani kepolisian setempat. Yakni wilayah Ambon, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Jawa Barat. (Bud)

Artikel sebelumnyaBuwas Yakin Petani Bawang Merah Bisa Sejahtera, Setelah Dibangun Gudang Penyimpanan Dengan Sistem CAS
Artikel selanjutnyaSekda Akan Copot Pejabat Yang Keluarkan SKTM Untuk Siswa Mampu

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini