Presiden Jokowi Akan Fokus Pada Peningkatan Kualitas SDM

Semarang, Idola 92.6 FM – Presiden Joko Widodo akan menuju pada agenda besar yang kedua, yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Pembenahan dan peningkatan kualitas SDM ini merupakan investasi jangka panjang, dalam berkompetisi dengan negara lain. Hal itu dikatakan Presiden Jokowi, usai peresmian terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Kamis (7/6) petang.

Presiden Jokowi mengatakan peningkatan kualitas SDM sangat menentukan, terutama dalam berkompetisi dengan negara lain.

Menurutnya, pembangunan dan peningkatan SDM Indonesia merupakan agenda besar kedua pemerintahannya setelah pembangunan infrastruktur.

Jokowi menjelaskan, pembenahan dan peningkatan SDM Indonesia akan menitikberatkan pada tiga hal. Yaitu pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta mendorong link and match antara industri dengan dunia pendidikan.

Mantan gubernur DKI itu menyebutkan, perlu ada program komprehensif terkait dengan karakter positif yang menyeluruh. Yaitu, dimulai dari pendidikan usia dini.

“Dan kita harapkan nantinya ini akan memberikan daya saing negara kita, berkompetisi dengan negara lain. Artinya, ada produktivitas lebih baik dan daya saing lebih baik. Tinggal nanti tahapan besar kedua menyiapkan, membenahi, memerbaiki hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia,” kata Jokowi di Semarang.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menjelaskan, pendidikan formal dan nonformal juga harus berperan aktif di dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas.

“Saya ingin dalam agenda besar kedua ini semuanya bergerak bersama. Dari Kementerian Dikti sampai pada pondok pesantren,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenakar Kebijakan THR bagi ASN yang Dinilai Membebani APBD Sejumlah Daerah?
Artikel selanjutnyaJasa Marga Semarang Mulai Terapkan Tarif Merata Per 9 Juni

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini