Pusdataru Jateng Maksimalkan Fungsi Pompa Atasi Banjir Kaligawe

Beberapa mobil dan truk terjebak banjir di bawah jembatan tol Muktiharjo di Jalan Kaligawe.

Semarang, Idola 92.6 FM – Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jawa Tengah Lukito mengatakan Jalan Kaligawe yang tergenang banjir sejak tiga hari kemarin, hampir menyebabkan kelumpuhan jalur transportasi darat dari Kota Semarang ke Kabupaten Demak maupun sebaliknya. Sehingga, Dinas Pusdataru Jateng memasang sejumlah pompa air berkapasitas dua ribu liter per detik.

Menurutnya, penambahan pompa air di sekitaran Jalan Kaligawe untuk meminimalkan genangan air banjir. Sehingga, operasional pompa air harus dioptimalkan.

“Posko banjir kita sudah mulai, peralatan berat juga sudah disiagakan dan siap dimobilisasi kalau dibutuhkan. Baik dari kami maupun dari BBWS, sudah kita koordinasikan semuanya. Tanggul yang rawan kritis sudah diperbaiki kalau memang itu kewenangan kami, karena keterbatasan dana. Hanya yang penting sekarang adalah kita siaga menghadapi musim hujan,” kata Lukito, Rabu (5/12).

Lebih lanjut Lukito menjelaskan, yang saat ini ada pompa air di Jalan Kaligawe sebatas berkapasitas 100 liter per detik. Sehingga, butuh waktu lama untuk menyedot air banjir.

“Penyebab lainnya itu, ternyata banyak saluran air yang tersumbat sampah. Ini tantangan kita untuk menyelesaikannya,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMemahami Akar Masalah dan Mencari Jalan Keluar Gejolak yang Kerapkali Terjadi di Papua
Artikel selanjutnyaCegah Korupsi, Transaksi Pemda Pakai Nontunai

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini